Sukses

Fosil Langka Dinosaurus Ompong Berusia 110 Juta Tahun Ditemukan di Australia

Ilmuwan ternyata menemukan jenis langka, toothless dinosaur atau dinosaurus ompong yang berkeliaran di Australia 110 juta tahun yang lalu.

Liputan6.com, Victoria - Fosil yang ditemukan di Australia telah diidentifikasi sebagai toothless dinosaur atau dinosaurus ompong. Spesies itu berkeliaran di Negeri Kanguru 110 juta tahun yang lalu.

Elaphrosaur atau elaphrosaurus, yang namanya berarti light-footed lizard atau kadal berkaki ringan, terkait dengan Tyrannosaurus Rex dan Velociraptor.

Fosil vertebra lima sentimeter (dua inci) ditemukan selama penggalian di dekat Cape Otway di Victoria pada 2015. Ini adalah tulang dinosaurus elaphrosaur pertama yang ditemukan di Australia.

Fosil itu ditemukan oleh sukarelawan Jessica Parker, yang ambil bagian dalam penggalian tahunan yang dipimpin oleh Melbourne Museum. Pada saat itu, dianggap berasal dari reptil terbang yang disebut pterosaurus. Tetapi ketika paleontolog di Universitas Swinburne di Melbourne mempelajari fosil lebih lanjut, mereka menyadari itu adalah dinosaurus yang unik.

"Elaphrosaurus memiliki leher panjang, lengan kekar dengan tangan kecil, dan tubuh yang relatif ringan," kata Dr Stephen Poropat seperti dikutip dari BBC, Selasa (19/5/2020).

Saksikan juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri-Ciri Elaphrosaurus

Fosil tersebut mengindikasikan bahwa binatang itu panjangnya sekitar dua meter. Namun, fosil lain yang sebelumnya ditemukan di Tanzania, Cina dan Argentina menunjukkan bahwa mereka dapat mencapai panjang enam meter.

Elaphrosaurus dewasa mungkin tidak makan banyak daging, kata Dr Poropat.

"Ketika dinosaurus berjalan, mereka agak aneh. Beberapa tengkorak Elaphrosaurus yang diketahui menunjukkan bahwa anak-anak itu memiliki gigi, tetapi saat dewasa kehilangan gigi mereka dan menggantinya dengan paruh. Kami tidak tahu apakah ini benar untuk [ "Elaphrosaur Australia] - tetapi kita mungkin mencari tahu apakah kita pernah menemukan tengkorak," katanya.

Cape Otway, tempat fosil itu berada, adalah daerah yang kaya untuk penemuan. Sekitar selusin hewan dan lima spesies dinosaurus telah diidentifikasi di sana, menurut ABC News. Termasuk dinosaurus pemakan tumbuhan yang ditemukan pada 2018.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.