Sukses

Virus Corona Merebak Hampir di Seluruh Dunia, Haruskah Tunda Rencana Perjalanan?

Merebaknya Virus Corona di lebih dari 70 negara membuat para turis menjadi bingung apakah mereka akan melanjutkan rencana perjalanan, baik ke dalam maupun luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran Virus Corona COVID-19 yang cepat di seluruh dunia, telah membuat kekacauan di industri pariwisata.

Semakin banyak pelancong memilih untuk tinggal di rumah di tengah kekhawatiran terkena virus corona baru, yang telah menyebar ke 79 negara sejak akhir Desember. Bahkan kini telah merenggut lebih dari 3.000 jiwa dan menginfeksi hampir 95.000 orang secara global. Demikian seperti mengutip dari Al Jazeera, Jumat (6/3/2020). 

Virus itu, yang pertama kali terdeteksi di Wuhan di China dan belum ada vaksinnya, telah memicu kekhawatiran dunia. Pemerintah di sejumlah negara juga menutup perbatasan dengan negara-negara yang terkena dampak dan melarang masuk atau membuat para pelancong dari daerah berjangkit ke proses karantina yang panjang. Aturan ini terlepas dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar larangan perjalanan semacam itu tidak ada.

Di tengah-tengah gangguan ini, banyak perusahaan membatalkan konferensi besar serta badan olahraga global yang membatalkan, menunda, atau merelokasi sejumlah turnamen.

Sementara itu, banyak maskapai internasional terus menghentikan penerbangan ke daerah-daerah yang terkena dampak parah, termasuk di China Daratan, Korea Selatan, Italia, dan Iran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Haruskah Membatalkan Perjalanan?

Itu tergantung, kata pakar kesehatan masyarakat.

WHO merekomendasikan bahwa para pelancong lanjut usia dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang rentan untuk menunda atau menghindari perjalanan ke daerah-daerah yang mengalami penularan COVID-19 yang berkelanjutan. Hal itu dilandasi alasan karena penyakit ini, walaupun ringan pada sekitar 80 persen kasus, dapat berakibat fatal bagi orang yang berusia di atas 65 tahun atau yang memiliki penyakit kronis.

Daftar negara-negara yang mengalami transmisi lokal diperbarui setiap hari oleh WHO. Di Asia, saat ini termasuk China, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia.

Negara-negara Eropa yang juga berada dalam daftar adalah Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Swiss, Norwegia, Belanda, Swedia, Kroasia, Denmark, Finlandia, Yunani, dan Rumania. Sementara, tiga negara di Timur Tengah yang juga terdaftar adalah Iran, Uni Emirat Arab dan Lebanon.

Amerika Serikat, Kanada dan Ekuador telah melaporkan penularan infeksi COVID-19.

Hanya satu negara Afrika yang ada dalam daftar yaitu Aljazair.

Australia di wilayah Oceania juga ada dalam daftar.

Pemerintah juga telah mengeluarkan peringatan perjalanan mereka sendiri. Tetapi ini bervariasi dari satu negara ke negara lainnya. 

Misalnya, Kantor Luar Negeri Inggris menyarankan agar menunda semua, kecuali perjalanan penting ke daratan China, dua kota di Korea Selatan dan 11 kota di Italia utara yang telah diisolasi.

Sedangkan, saran perjalanan AS lebih luas, dengan pelancong diberitahu untuk menghindari seluruh daratan China, Korea Selatan, Italia dan Iran kecuali benar-benar diperlukan.

 

3 dari 4 halaman

Apa Resiko yang Mungkin Terjadi Jika Tetap Melanjutkan Perjalanan?

Jika Anda tetap memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, bahkan jika tujuannya tanpa kasus besar, Anda harus mempertimbangkan faktor risiko Anda sendiri dan kualitas layanan kesehatan yang tersedia di wilayah tempat Anda akan pergi jika Anda sakit, kata Crystal Watson, sarjana senior di Johns Hopkins. Pusat Keamanan Kesehatan.

Faktor lain yang perlu diingat adalah bahwa Anda mungkin terjebak dalam karantina, jika sewaktu-waktu terjadi wabah.

"Wisatawan harus menyadari bahwa ini adalah kemungkinan, mereka mungkin akan terjebak di suatu tempat untuk jangka waktu yang lama dan mereka harus merencanakan untuk itu," katanya.

"Begitu virus ini dikenali di lebih banyak tempat, pembatasan perjalanan akan berdampak lebih kecil, sehingga pada akhirnya negara-negara akan berhenti menerapkannya. Tapi saya pikir akan ada lebih banyak gangguan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang."

Wisatawan juga mungkin lebih memilih untuk membatalkan rencana perjalanan mereka, karena sejumlah tempat wisata telah ditutup dan acara-acara besar dibatalkan. Mulai dari ziarah Muslim ke tempat-tempat suci di Arab Saudi hingga konser boyband ternama BTS ke Korea Selatan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS juga meminta para wisatawan untuk mempertimbangkan kembali setiap perjalanan pelayaran ke atau di dalam Asia, dengan mengatakan bahwa para penumpang berisiko lebih tinggi terkena COVID-19.

Itu menyusul wabah utama Virus Corona di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di lepas pantai Yokohama Jepang pada Februari. Setidaknya 706 infeksi dan enam kematian dilaporkan di kapal itu, sehingga mendorong beberapa negara untuk mengubah rute kapal pesiar lain, bahkan mereka yang tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi.

Banyak Penerbangan Dibatalkan 

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah rencana penerbangan Anda mungkin terganggu karena banyaknya penumpang yang memilih untuk tidak bepergian. Bahkan di daerah-daerah tanpa kasus besar, sejumlah maskapai memilih membatalkan perjalanan karena sepinya penumpang. 

International Air Transport Association (IATA) mengatakan pada hari Senin bahwa banyak maskapai penerbangan yang melaporkan 50 persen hilangnya penumpang di sejumlah pasar, dan lalu lintas pun menurun tajam di rute-rute utama Asia.

Sementara itu, jika Anda ingin membatalkan pemesanan penerbangan atau hotel yang ada, maka Anda mungkin harus menanggung biayanya. Tetapi semakin banyak perusahaan perjalanan menunjukkan fleksibilitas, menurut Jonathan Smith, juru bicara ABTA, asosiasi perdagangan Inggris untuk agen perjalanan dan perusahaan wisata.

"Jika mereka memilih untuk tidak bepergian, mereka akan terikat oleh syarat dan ketentuan penyedia perjalanan standar mereka dan itu berarti, dalam kebanyakan kasus, biaya pembatalan," kata Smith. "Apa yang kami lihat adalah penyedia perjalanan telah menunjukkan dalam beberapa kasus tingkat tertentu fleksibilitas dengan pelanggan mereka, jadi saran kami adalah bagi para pelancong untuk berbicara dengan penyedia perjalanan mereka."

Sejumlah kecil maskapai penerbangan, seperti American Airlines dan Jetblue di AS, telah setuju untuk mengesampingkan biaya pembatalan untuk pemesanan baru.

Situs perbandingan asuransi perjalanan TravelInsurance.com menyarankan agar orang yang memesan penerbangan memilih pertanggungan "batal demi alasan apa pun" yang lebih mahal, karena asuransi perjalanan standar tidak akan mencakup pembatalan yang dilakukan oleh pelancong.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Melindungi Diri Ketika Bepergian?

Jika Anda melanjutkan rencana perjalanan Anda, WHO memiliki berbagai rekomendasi untuk mengurangi risiko infeksi. Beberapa di antaranya termasuk sering mencuci tangan, menutupi hidung dan mulut saat batuk, dan menghindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala.

Jika Anda benar-benar menunjukkan gejala penyakit saat bepergian, seperti demam, batuk atau kesulitan bernafas, WHO menyarankan agar Anda menghubungi penyedia layanan kesehatan setempat melalui telepon dan memberi tahu mereka tentang riwayat perjalanan Anda.

Pelancong harus membawa dan secara teratur menggunakan cairan pembersih tangan sambil menjaga jarak sejauh dua meter dari tempat lain jika memungkinkan, kata Bharat Pankhania, seorang ahli pengendalian penyakit di University of Exeter di Inggris.

"[Salah satu cara untuk mengurangi risiko] adalah dengan memiliki pengetahuan tentang bagaimana infeksi menyebar dan bagaimana mereka dapat melindungi diri mereka sendiri. Misalnya, dengan mempertahankan zona perlindungan pribadi mereka sendiri saat bepergian," katanya.

"Yang kedua adalah mempersenjatai diri dengan informasi dari negara tertentu tempat mereka bepergian. Menyatukan kedua elemen itu akan membuat sebagian besar orang terlindungi dengan baik dan tetap aman."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.