Sukses

Warga Malaysia Pertama Terinfeksi Virus Corona Dinyatakan Sembuh dan Pulang

Warga negara Malaysia pertama yang terkonfirmasi positif Virus Corona COVID-19 telah dinyatakan sembuh.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Warga negara Malaysia pertama yang terkonfirmasi positif Virus Corona COVID-19 telah dinyatakan sembuh. Bahkan dia sudah dipulangkan dari rumah sakit.

"Pria berusia 41 tahun itu dinyatakan positif mengidap virus tersebut pada 3 Februari dan dirawat di ruang isolasi," kata Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad dalam sebuah pernyataan.

Pria tersebut menghadiri sejumlah pertemuan di Singapura pada Januari lalu dan menjadi orang Malaysia pertama yang dinyatakan positif Virus Corona setelah kembali ke Malaysia.

Sementara itu, adik perempuan (40) dan ibu mertua (65) yang tertular Virus Corona darinya masih dirawat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Kasus Baru

Dzulkefly menambahkan, tidak ada kasus baru yang teridentifikasi di negara itu, dengan total 16 warga negara China, enam warga Malaysia dan satu warga Amerika Serikat (AS), yang dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut, sembilan di antaranya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

"Mereka menjalani tes COVID-19 berulang, dan dinyatakan negatif pada dua tes berulang secara berturut-turut," katanya mengacu pada pasien yang telah diperbolehkan pulang, seperti dilansir Xinhua, Selasa (18/2/2020).

Dzulkefly menambahkan, dia telah menghubungi Menteri Kesehatan Kamboja Mam Bunheng untuk lebih memperkuat kerja sama antara kedua negara dalam memerangi COVID-19, setelah seorang warga negara AS berusia 83 tahun yang terbang dari Kamboja dinyatakan positif terinfeksi.

Dia juga mengatakan, Kementerian Kesehatan akan bekerja sama dengan semua negara yang terlibat dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam penanganan infeksi COVID-19 serta mengoordinasikan informasi dalam menerapkan kegiatan penelusuran kontak dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.