Sukses

Melawat ke India dan Madrid, Menlu Retno Akan Bawa Isu Pertahanan hingga Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Indonesia dengan sejumlah negara terus berlangsung secara positif. Dalam waktu dekat, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi akan menghadiri sejumlah pertemuan di luar negeri. New Delhi dan Madrid akan jadi kota tujuan Menlu Retno dalam beberapa waktu ke depan.

Retno akan hadir dalam Delhi Dialogue yang berlangsung pada 13 - 14 Desember 2019. Dalam acara tersebut, ia akan bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah, tokoh politik, tokoh ekonomi, akademisi yang terutama dari negara-negara di ASEAN juga beberapa negara lainnya.

Pertemuan yang akan mengusung tema utama "Meningkatkan Kerjasama di Wilayah Indo-Pasifik" itu terdiri dari lima sesi.

"Bu Menlu akan menghadiri acara tersebut dan memberikan keynote addressnya," ujar Jose Tavares, selaku Dirjen Kerjasama ASEAN.

Dalam kunjungannya ke India, Retno Marsudi juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan pemerintah setempat. Adapun beberapa isu utama yang diangkat seputar peningkatan kerjasama antara kedua pihak.

"Ibu Menlu akan melakukan pertemuan bilateral dengan India, yang dalam konteks Joint Commision Meeting antara Indonesia dengan India. Ini adalah kali keenam," ujar Faizasyah selaku PLT Jubir Kemlu.

Walaupun sebelumnya rangkaian dialog mengenai usaha pertahanan telah dilaksanakan, kali ini antara Indonesia dan India ingin berusaha untuk memiliki hubungan kerjasama yang lebih erat.

Di bidang ekonomi, isu yang selalu menjadi prioritas, kedua negara ini pun masih membangun diskusi dalam pendirian jembatan yang menghubungkan antara wilayah Aceh dan Andaman - Nicobar India. Hal tersebut disepakati lantaran kedua pihak memiliki kemiripan dalam sejarah serta karakteristik maritim.

Tak hanya itu, hubungan India dengan Indonesia dari sisi sumber daya manusianya pun akan dibahas. Satu hal yang menjadi sorotan utama adalah dengan banyaknya universitas India yang menawarkan kesempatan belajar bagi orang Indonesia.

Dalam kesempatan itu, kedua pihak juga akan membahas lanjutan pembicaraan antara Presiden kedua negara dalam pertemuan mereka di Bangkok dalam acara KTT ASEAN.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Ke Madrid

Setelah New Delhi, Retno juga akan hadir dalam Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-14 yang akan bertempat di Madrid pada 15 - 16 Desember 2019. Pembahasan mengenai kerjasama pembangunan fisik maupun secara ekonomi akan menjadi topik utama yang dibawa oleh Retno di hadapan sejumlah perwakilan negara yang hadir.

"Hal yang menjadi perhatian, dan Ibu Menlu akan memberikan atensi yang lebih adalah tema konektivitas. Apa itu hak connectivity, dan juga soft connectivity di mana fokus dengan kerjasama antara Asia dan Eropa," ujar Faizasyah.

Tak ingin melewatkan kesempatan, beberapa Menteri Luar Negeri seperti dari Austria, Denmark, Finlandia serta Kazakhstan juga sudah terjadwal akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu RI.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
RUU Hukum Perdata Internasional Jadi Cara Pemerintah Tingkatkan Diplomasi Ekonomi
Artikel Selanjutnya
Tiga WNI Kena Virus Corona, Kemlu Sudah Hubungi Keluarga