Sukses

Hiu Jumbo Berbobot Nyaris 1 Ton Ditemukan di Lepas Pantai Florida

Liputan6.com, Florida - Seekor hiu putih besar dengan berat lebih dari 2.000 pon atau sekitar 900 kg, berukuran 15 kaki, ditemukan telah berenang di sepanjang Pantai Timur AS.

Hiu betina itu telah ditandai dengan pelacak, hingga terlihat berada di lepas pantai Myrtle Beach, South Carolina pada 12 Oktober.

Sejak itu, hiu telah bergerak lebih jauh ke arah selatan, Florida Keys, dan muncul pada Sabtu 26 Oktober lalu.

Melansir dari CNN, Senin (28/10/2019), hiu ini bernama Unama'iki, istilah yang digunakan oleh penduduk asli Nova Scotia yang memiliki arti 'tanah kabut'.

2 dari 4 halaman

Hiu Menjaga Ekosistem Laut

OCEARCH, sebuah organisasi nirlaba yang melacak kehidupan laut dan bekerja sama dengan SeaWorld, mengatakan, mereka pertama kali menandai Unama'iki di dekat Nova Scotia pada September.

Dia adalah hiu putih terbesar kedua yang ditandai kelompok itu di Atlantik barat lau, afiliasi CNN, WSOC-TV melaporkan.

"Sebagai betina dewasa yang memiliki badan besar, Unama'iki memiliki potensi untuk membawa kita ke situs, di mana dia melahirkan dan memaparkan pembibitan hiu putih baru," kata OCEARCH.

Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida atau The Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) mengatakan, bahwa sementara pantai dan saluran air Florida "kemungkinan besar mengandung hiu", hewan-hewan tersebut telah memainkan peran utama dalam menjaga keseimbangan dalam ekosistem negara bagian.

3 dari 4 halaman

Hiu Masih Diburu

FWC juga mengatakan, bahwa hiu di perairan Florida telah memuncak sejak beberapa bulan lalu. "Aktivitas hiu mencapai puncaknya di perairan Florida selama April hingga Oktober," kata FWC.

Namun, serangan hiu masih jarang, dengan manusia "30 kali lebih mungkin tersambar petir di Florida daripada digigit oleh hiu."

Di sisi lain, bagaimanapun, perikanan di seluruh dunia membunuh sekitar 100 juta hiu setiap tahun.

FWC mendesak pengunjung untuk waspada terhadap lingkungan mereka dan memahami risiko mereka berenang di perairan.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Temuan Langka Ikan Laut Dalam yang Memangsa Hiu Hidup-Hidup
Artikel Selanjutnya
Menghilang Saat Snorkeling, Tangan Turis Skotlandia Ditemukan dalam Tubuh Hiu