Sukses

Dari Selebritas Hingga Presiden, Inilah 6 Tokoh di Dunia yang Mengidap Autoimun

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit autoimun merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh manusia secara keliru menyerang tubuh manusia itu sendiri. 

Sistem kekebalan biasanya melindungi tubuh terhadap kuman seperti bakteri dan virus.  

Biasanya sistem kekebalan dapat membedakan sel asing dengan sel dari dalam tubuh itu sendiri, seperti dilansir dari healthline.com

Beberapa penyakit autoimun biasanya hanya menargetkan satu organ tubuh. Hingga saat dokter ini belum ada penyebab pasti terganggunya sistem kekebalan tubuh. 

Kondisi demikian kabarnya tengah dialami seorang selebritas Tanah Air. Kabar mengejutkan itu berasal dari Ashanty.

Kabar Ashanty mengidap autoimun diketahui publik melalui unggahan di media sosial, Instagram pribadinya. 

Selain Ashanty, berikut ini enam tokoh dunia yang mengidap autoimun dengan berbagai diagnosa penyakit, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/10/2019):

 

Reporter: Hugo Dimas

2 dari 7 halaman

1. Penyanyi Amerika Serikat - Sia; Graves Disease dan sindrom Ehlers-Danlos. Ia cuitkan dalam Twitter pribadinya, ia menderita sakit kronis, penyakit neurologis, serta Ehlers Danlos pada 7 Oktober 2019 lalu, seperti dilansir goodmorningamerica.com.

3 dari 7 halaman

2. Presenter Amerika Serikat - Wendy Williams; Graves Disease dan Lymphedema. Dikutip dari dailymail.co.uk, ia mengubah pola kehidupan pada tahun 2019 ini, serta pada suatu kesempatan ia mengungkapkan ke media mengenai penyakit yang sedang diidapnya.

4 dari 7 halaman

3. Youtuber Inggris - Jessica Kellgren-Fozard; autoimun MCTD dan gangguan saraf NHPP. Youtuber wanita asal Britania Raya dengan setengah juta subscribers tersebut mengalami gangguan autoimun, serta gangguan pendengaran dan penglihatan seperti dilansir BBC.

5 dari 7 halaman

4. Presiden Filipina - Rodrigo Duterte; Myasthenia Gravis. Dikutip dari New York Times, awal bulan Oktober ia mengungkapkan penyakit autoimun yang diidapnya.

6 dari 7 halaman

5. Penyanyi/Artis Amerika Serikat - Nick Jonas; Diabetes. Ia didiagnosis mengidap diabetes tipe 1 sejak usia 13 tahun, ia merawat dirinya dengan suntikan insulin dan mendirikan dompet amal untuk diabetes, seperti dilansir cosmopolitan.com.

7 dari 7 halaman

6. Penyanyi/Artis Amerika Serikat - Selena Gomez; Lupus. Dikutip dari cosmopolitan.com, ia didiagnosis lupus pada tahun 2015, ia pun turut menjalani kemoterapi. Ia bahkan melakukan transplantasi ginjal dari temannya akibat lupus.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ashanty Pernah Di-bully Hingga Pindah Sekolah 3 Kali
Artikel Selanjutnya
Raffi Ahmad Tantang Aurel Kupas Salak, Ashanty Bingung