Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Donald Trump dan Melania: BJ Habibie Antar RI Jadi Negara Demokrasi Hebat

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump, pada Kamis 12 September 2019, menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie.

Ucapan yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia ini disampaikan melalui keterangan Sekretariat Pers Gedung Putih yang diperoleh Liputan6.com.

"Di tengah berbagai tantangan berat yang menyertai berakhirnya era Presiden Suharto, Dr. Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia," bunyi pernyataan itu, dimuat pada Minggu (15/9/2019).

Kepemimpinan BJ Habibie juga "mengantar kemunculan negara ini (Indonesia) menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," lanjut pernyataan itu.

"Dr Habibie, seorang insinyur yang sukses, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga telah menyampaikan belasungkawa atas kepergian BJ Habibie.

"Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie," ujar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo melalui keterangan tertulisnya, Jumat (13/9/2019).

Menurut Pompeo, BJ Habibie selaku Presiden ke-3 RI telah memimpin negara dan rakyatnya melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia yang luar biasa. Ia dianggap telah memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara," imbuh Pompeo.

2 dari 3 halaman

Kata Kedutaan Besar AS

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta juga telah menghaturkan belasungkawa atas meninggalnya BJ Habibie. Sosok Bapak Demokrasi yang wafat di usia 83 tahun.

Ucapan itu diucapkan melalui akun resmi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta.

"Pemerintah dan rakyat Amerika turut berduka cita atas meninggalnya Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalkan - #DubesDonovan," tulis Kedutaan AS pada Rabu 11 September.

Dalam kicauan tersebut juga diunggah foto dari BJ Habibie.

BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 di RSPAD Gatut Soebroto, Jakarta. Kabar ini disampaikan langsung oleh anak keduanya, Thareq Habibie. Thareq Habibie mengatakan, sang ayah meninggal karena gagal jantung.

Jenazah BJ Habibie diperistirahatkan untuk terakhir kalinya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis 12 September 2019, di samping makam istri tercinta, Ainun Habibie.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Salah Mengucapkan Louis Vuitton, Donald Trump Dicibir Warganet
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Minta Partai Republik Membantu Melawan Upaya Pemakzulan