Sukses

Mudah Ditemui, 8 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut menjadi sangat menganggu bahkan memalukan. Sebuah penelitian mengungkap, sekitar 80 juta orang di dunia menderita bau mulut yang menganggu.

Meskipun sebenarnya bisa saja seseorang membawa sikat gigi ke mana-mana, atau membawa permen penyegar serta buah-buahan.

Namun, jika ini dilakukan terus-menerus mungkin akan menyulitkan.

Dikutip dari Brightside.me, Senin (2/9/2019) agar bisa tersenyum dan bicara tanpa ada ketidak percaya dirian yang rendah, ini 8 bahan-bahan mudah ditemui yang bisa membuat bau mulut menjauh:

2 dari 10 halaman

1. Wortel, Batang Seledri, atau Apel

Apel dan wortel meningkatkan pencernaan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Jadi ini berarti bahwa tidak akan ada lagi pembentukan gas di perut, yang dilepaskan melalui mulut dapat menyebabkan bau busuk.

Selain itu, buah-buahan dan sayuran segar mendorong produksi air liur di mulut yang dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan bau mulut dari gigi, lidah, dan gusi.

Perut yang kosong juga dapat menyebabkan bau mulut karena itu menyebabkan penumpukan asam. Oleh karena itu, mengunyah buah-buahan dan sayuran adalah cara yang sehat untuk menjaga perut tetap kenyang dan menahan napas busuk.

3 dari 10 halaman

2. Makan Hiasan Makanan Diakhir

Hiasan makanan seperti mint membantu meredakan gangguan pencernaan dan mulas, yang dapat menyebabkan bau mulut yang buruk. Seperti mint, peterseli, dan daun ketumbar juga adalah pewangi mulut yang kuat.

Jadi, simpan sedikit dari makanan hiasan itu untuk akhir makan. Kunyah mereka setelah selesai makan untuk menetralisir bau apa pun yang mungkin disebabkan makanan yang dimakan.

4 dari 10 halaman

3. Low-sugar Yogurt

Bakteri baik yang ada dalam yogurt membantu pencernaan, terutama pencernaan produk susu. Ini menjaga sistem pencernaan tetap sehat, sehingga mengurangi kemungkinan bau mulut.

Terlepas dari sistem pencernaan yang buruk, akumulasi senyawa sulfit di mulut dapat menyebabkan bau mulut. Bakteri baik hadir dalam probiotik, seperti banyak penelitian telah menunjukkan, menurunkan tingkat senyawa sulfit di mulut.

Saat membeli yogurt, pastikan tidak yang menggunakan punya kandungan gula yang banyak.

5 dari 10 halaman

4. Buah Cherry

Methanethiol, senyawa berbau busuk yang sering bertanggung jawab atas bau mulut yang buruk.

Makan ceri telah terbukti menjadi penangkal yang efektif untuk melawan aroma ini.

6 dari 10 halaman

5. Teh Hijau

Minum teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan yang meliputi meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Ini juga membantu dalam detoksifikasi tubuh dan dengan demikian mengurangi bau badan yang buruk dan bau busuk.

Teh hijau juga mengandung antioksidan alami yang dikenal sebagai catechin yang membantu melawan bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

7 dari 10 halaman

6. Buah Jeruk

Asam sitrat dalam buah jeruk membuat kondisi yang tidak sesuai untuk pertumbuhan bakteri di mulut dan saluran pencernaan. Ini adalah bakteri yang menyebabkan bau busuk di mulut. Karena itu, tidak ada bakteri berarti tidak ada bau.

8 dari 10 halaman

7. Teh Jahe Lemon

Jahe memiliki banyak khasiat obat. Membantu juga dalam program diet dan dapat mengobati sakit perut yang dapat menyebabkan pengeluaran bau busuk dari mulut. Bahkan jika seseorag tidak suka teh, mungkin bisa berkumur menggunakan ini. Jahe akan membantu menutupi bau dan asam sitrat dalam lemon akan membuat bakteri sulit tumbuh.

9 dari 10 halaman

8. Air Putih

Menjaga agar tetap dehidrasi adalah hal yang penting, karena bisa mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Air putih juga penting untuk proses metabolisme yang lain.

 

Reporter: Windy Febriana

10 dari 10 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Olahraga Bisa Kurangi Bau Mulut, Mitos atau Fakta?
Artikel Selanjutnya
4 Hal tentang Menghilangnya Audri, Gadis Paskibraka Bogor