Sukses

Sepasang Penguin Ditahan Polisi Selandia Baru Karena Mengintai Kedai Sushi

Polisi Selandia Baru menangkap sepasang penguin karena dituduh mengintai sebuah kedai sushi di ibu kota Wellington.

Liputan6.com, Wellington - Sepasang penguin biru kecil telah dibebaskan oleh polisi Selandia Baru, setelah sebelumnya mereka ditahan karena "mengintai" sebuah kedai sush di ibu kota Wellington, setelah ketahuan membangun sarang di bawahnya,  

Penutup sarang kedua penguin itu terdeteksi setelah salah seorang pegawai setempat mendengar suara mendengung dari bawah kedai.

Dikutip dari The Guardian pada Selasa (16/7/2019), dapat dipahami bahwa penguin bersembunyi di dekat pemanas di bawah kedai sushi, di mana tempat itu memiliki suhu yang hangat.

John Zhu, salah seorang polisi setempat, mengatakan bahwa kedua penguin tersebut digambarkan sebagai bertubuh kecil dan berwarna biru. Kasus tersebut diumumkan di halaman Facebook Kepolisian Kota Wellington.

"Ini bukan laporan pertama yang diterima polisi tentang burung-burung yang mencurigakan itu," kata Zhu.

Kedua penguin itu dilaporkan terlihat pada Senin subuh di luar stasiun kereta Wellington, sebelum berlindung di bawah kedai sushi di dekatnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Habitat Penguin di Pelabuhan Wellington

Departemen Konservasi (DOC) telah memantau situs tersebut karena diperkirakan penguin akan kembali.

Disebutkan pula bahwa sejak lama penguin telah menjadikan pelabuhan Wellington sebagai salah satu tempat persinggahannya.

Saat ini, diperkirakan terdapat 500 pasang penguin yang kerap tinggal di sana

Namun, ini adalah pertama kalinya departemen terkait mendengar tentang kabar penguin mendirikan sarang di area stasiun.

Kejadian tersebut sekaligus memperingatkan kepada khalayak untuk menjaga jarak dengan penguin, karena mereka bisa menggigit.

 

3 dari 3 halaman

Dianggap Menggemaskan

Wini Morris, salah seorang pegawai di kedai sushi tersebut mengatakan kepada Radio NZ, bahwa ia mendengar burung-burung mengeluarkan suara "berdengung, bersenandung".

"Hal yang mengejutkan, tidak pernah terpikirkan sebelumya, ketika beberapa penguin ternyata berkemah di bawah kedai Anda," katanya.

"Saya pikir itu menggemaskan. Mereka mungkin ketakutan, tetapi itu menggemaskan," lanjut Morris.

Polisi Zhu mengeluarkan kedua penguin tersebut dengan bantuan beberapa orang, untuk kemudian diserahkan ke DOC dan Kebun Binatang Wellington.

"Dengan kerja sama antarlembaga, pasangan (penguin) petualang itu dilepaskan kembali ke Pelabuhan Wellington," kata Zhu.

Sementara itu, status konservasi penguin biru kecil dikabarkan berada dalam tingkat berisiko hingga terancam punah.

 

Simak Video Pilihan Berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.