Sukses

Seorang Pria Ditahan Usai Tabrak Pagar Kedubes AS di Seoul

Liputan6.com, Seoul - Sebuah kendaraan yang membawa lebih dari dua lusin tabung gas sekali pakai menabrak Kedutaan Besar Amerika Serikat di Seoul, Korea Selatan pada Selasa, 25 Juni 2019.

Seorang pria yang menjadi pelaku lalu diamankan. Insiden ini terjadi hanya beberapa hari sebelum kunjungan dijadwalkan Presiden AS Donald Trump, kata polisi Seoul, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (26/6/2019).

Pengemudi berusia 40 tahun, yang belum diidentifikasi, ditangkap di tempat kejadian, ujar polisi.

Polisi mengatakan, mobil itu membawa 28 tabung gas ketika kendaraannya diamankan oleh petugas kepolisian. Mereka juga mengatakan bahwa beberapa kondisi mobil rusak akibat tabarakan itu.

Donald Trump dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke ibu kota Korea Selatan akhir pekan ini setelah menghadiri KTT G20 di Jepang.

Awal pekan ini, seorang pejabat Seoul mengatakan kepada wartawan bahwa Trump sedang mempertimbangkan kunjungan ke zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan berkunjung ke Korea Selatan akhir pekan ini setelah berbalas surat dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pertukaran surat tersebut dianggap meningkatkan harapan bagi pembukaan kembali perundingan soal cara mengakhiri program nuklir Korut.

Kabar soal kunjungan Trump ke Korsel itu muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa ia berharap surat yang dikirim Trump kepada Kim bisa membuka jalan bagi upaya untuk membuka kembali perundingan nuklir yang macet, demikian dikutip dari laman Antara.

Trump dan Moon akan "melakukan pembahasan secara mendalam soal cara untuk bekerja sama dalam mendorong perwujudan perdamaian yang abadi melalui perlucutan senjata secara penuh di Semenanjung Korea, dan pada saat yang sama memperkuat persekutuan antara kedua negara," kata Ko dalam acara jumpa pers pada Senin.

Pompeo, yang berbicara soal surat Trump kepada Kim sebelum berangkat dari Washington menuju Timur Tengah, mengatakan Amerika Serikat siap segera melanjutkan pembicaraan dengan Korea Utara.

"Saya berharap ini akan memberi landasan yang baik bagi kita untuk memulai ... pembicaraan yang penting ini dengan pihak Korea Utara," kata Pompeo kepada para wartawan soal surat Trump itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Mengunjungi DMZ

Media Jepang melaporkan pada akhir pekan bahwa Trump kemungkinan akan mendatangi zona bebas militer (DMZ), yang memisahkan Korea Selatan dengan Korea Utara. Trump dilaporkan ingin mengunjungi zona tersebut dalam lawatan ke Korea Selatan pada 2017 namun saat itu keinginannya tak terwujud akibat kabut tebal.

Mantan menteri Korsel urusan penyatuan dua-Korea, Chung Se-hyun, yang telah memberikan saran kepada Moon soal hubungan dengan Korea Utara, mengatakan dalam wawancara di radio pada Senin bahwa Trump mungkin saja bisa bertemu dengan Kim Jong Un di DMZ.

Kim dan Moon tahun lalu menggelar pertemuan mereka yang bersejarah di DMZ . Namun, Ko mengatakan perincian soal rencana perjalanan Trump belum rampung.

Sementara itu, Kim dan Trump melakukan pertemuan pertama mereka pada Juni tahun lalu di Singapura. Pada pertemuan bersejarah itu, kedua pemimpin setuju untuk membentuk hubungan baru dan melakukan upaya melucuti senjata nuklir (denuklirisasi) di Semenanjung Korea.

Namun, pertemuan yang kedua antara Kim dan Trump di Vietnam pada Februari ambruk karena kedua pemimpin gagal menjembatani perbedaan di antara mereka, yaitu menyangkut tuntutan AS soal denuklirisasi dan tuntutan Korut soal pencabutan sanksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini