Sukses

Dianggap Gagal Soal KTT Hanoi, Korea Utara Eksekusi Sejumlah Pejabat Senior

Korea Utara mengeksekusi sejumlah pejabatnya karena kegagalan KTT Hanoi pada Februari lalu.

Liputan6.com, Seoul - Sebuah surat kabar Korea Selatan melaporkan pada Jumat 31 Mei 2019, Korea Utara telah mengeksekusi Kim Hyok-chol, utusan khusus Pyongyang untuk Amerika Serikat serta pejabat kementerian luar negeri yang melakukan negosiasi pada KTT AS-Korea Utara kedua pada Februari lalu. Mereka dihukum sebagai pertanggungjawaban atas kegagalan mereka.

"Kim Hyok-chol diselidiki dan dieksekusi di Bandara Mirim dengan empat pejabat kementerian luar negeri pada bulan Maret," kata sumber Korea Utara yang tidak disebutkan namanya, menurut surat kabar Negeri Ginseng Chosun Ilbo dikutip dari Channel News Asia pada Jumat (31/5/2019). Media itu menambahkan bahwa mereka dituduh melakukan mata-mata untuk Amerika Serikat.

Kim Hyok-chol telah menjadi lawan negosiasi dengan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Stephen Biegun sebelum pertemuan puncak.

Adapun Kim Jong-un diyakini melakukan eksekusi besar-besaran untuk mengalihkan perhatian dari kekacauan dan ketidakpuasan internal, kata surat kabar itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukuman Kerja Paksa

Sementara itu, Kim Yong-chol seorang pejabat senior yang pernah menjadi mitra Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjelang pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hanoi juga dilaporkan harus melakukan kerja paksa dan pendidikan ideologis.

Kim Yong-chol dipaksa bekerja di Provinsi Jagang setelah dipecat dari jabatannya, kata sumber itu, menambahkan bahwa Kim Song Hye, yang melakukan negosiasi tingkat kerja dengan Kim Hyok-chol, dikirim ke kamp penjara politik, Chosun melaporkan.

Shin Hye-yong, juru bahasa untuk Kim Jong-un pada pertemuan di Hanoi, juga dikatakan telah ditahan di kamp penjara politik, karena telah membuat kesalahan interpretasi yang bersifat kritis, Chosun melaporkan.

3 dari 3 halaman

Sanksi Lain

Kim Yo-jong, saudara perempuan Kim Jong-un yang membantunya di Hanoi, juga disinyalir akan mendapatkan sanksi tertentu karena tindakannya.

Surat kabar pemerintah Korea Utara, Rodong Sinmun mengatakan dalam komentarnya pada hari Kamis bahwa "Bertingkah seperti seseorang menghormati pemimpin di depan (orang lain) tetapi memimpikan hal lain ketika seseorang berbalik, adalah tindakan anti-Partai, anti-revolusioner yang berlawanan dengan kesetiaan moral kepada pemimpin, dan orang-orang semacam itu tidak akan menghindari hukuman keras revolusi," yang seolah ditujukan untuk Kim Yo-jong.

Ungkapan "anti-partai" dan "anti-revolusioner" itu pertama kali digunakan kembali sejak eksekusi Jong Song-thaek, paman Kim Jong-un pada Desember 2013, kata Chosun Ilbo.

Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan menolak berkomentar terkait laporan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini