Sukses

Jokowi Menang Pemilu 2019, Presiden Iran Ucapkan Selamat

Liputan6.com, Teheran - Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Kamis 23 Mei 2019, mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai presiden RI untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Berdasarkan rekapitulasi suara pilpres yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi - Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf, "Presiden Iran mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo atas karena terpilih kembali," jelas kantor berita negara IRNA, dilansir pada Kamis (23/5/2019).

"Karena kemauan politik kedua negara, hubungan antara Iran dan Indonesia telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir," lanjut Rouhani dalam pesannya kepada Presiden Widodo.

Rouhani berharap bahwa dalam masa jabatan kedua Jokowi, "hubungan antara Teheran dan Jakarta akan berkembang lebih lanjut."

"Presiden Rouhani mengatakan bahwa Republik Islam Iran senang dengan sikap Indonesia yang independen tentang masalah internasional," lanjut IRNA.

"Rouhani mengatakan bahwa ada dasar bersama antara pendekatan logis kedua negara dan tekad mereka untuk tidak dipengaruhi oleh tekanan ekstra-yudisial dan unilateralisme negara-negara tertentu yang mendukung sanksi tidak adil."

Presiden Rouhani mengatakan bahwa Teheran dan Jakarta akan menggunakan semua kapasitas yang ada untuk memperkuat persahabatan mereka.

Dia juga berdoa untuk kesehatan dan keberhasilan Presiden Jokowi, kemakmuran serta kemenangan rakyat Indonesia.

2 dari 3 halaman

Presiden Erdogan Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengucapkan selamat kepada calon presiden Joko Widodo yang memenangkan Pemilihan Umum 2019 dan terpilih kembali sebagai presiden Republik Indonesia.

"Presiden Turki mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia," demikian pernyataan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta, Rabu 22 Mei 2019, seperti dikutip dari Antara (23/5/2019).

Dalam pernyataan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan dekat antara Indonesia dan Turki yang bersahabat dan kemitraan strategis antara kedua negara akan semakin diperkuat selama masa jabatan Presiden Joko Widodo di periode kedua.

3 dari 3 halaman

Ucapan dari Pemerintah Dunia

Selain Presiden Turki, ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden RI Joko Widodo juga datang dari beberapa kepala negara/pemerintahan lainnya, seperti dari Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pada Selasa 21 Mei dini hari atau lebih cepat satu hari dari batas waktu paling lambat yang ditentukan, yakni 22 Mei. Ini merupakan rekor tersendiri dari KPU yang sebelumnya menyelesaikan penghitungan suaranya hingga menit akhir jadwal yang ditentukan.

KPU langsung mengumumkan hasil seluruh rekapitulasi 34 provinsi dan 130 PPLN, dan untuk pemilihan presiden telah menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memeroleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen, sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memeroleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 tercatat 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebanyak 154.257.601 suara.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tenangkan Suasana, Ormas Pemuda Siap Pertemukan Jokowi dan Prabowo
Artikel Selanjutnya
Pengakuan Dunia Datang Saat Kemenangan Jokowi Digugat Lawan