Sukses

PM Selandia Baru Segera Bertemu Xi Jinping di China, Perbaiki Hubungan Baik?

Pemimpin Selandia Baru dan China akan bertemu di Beijing dalam waktu dekat, menandakan dugaan mencairnya ketegangan di antara kedua negara.

Liputan6.com, Wellington - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan pada hari Senin, bahwa dia akan melakukan perjalanan ke China pada akhir pekan ini. Lawatan itu untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Rencana pertemuan itu berlangsung di tengah kekhawatiran tentang hubungan tegang antara kedua negara, terutama yang berkaitan dengan tudingan mata-mata pada operasional beberapa perusahaan teknologi China.

Dikutip dari Channel News Asia pada Senin (25/3/2019), PM Ardern pertama kali mengumumkan rencana berkunjung ke China pada tahun lalu, tetapi tidak ada tanggal pasti yang diumumkan.

Di bawah pemerintahan Ardern, Selandia Baru secara terbuka mengatakan kekhawatiran terhadap pengaruh China yang semakin besar di Pasifik Selatan, dan menolak tawaran raksasa teknologi Huawei, dalam mendukung upaya lokal pertama untuk membangun jaringan seluler 5G.

Para pemimpin oposisi menyalahkan pemerintahan Ardern atas dugaan memburuknya hubungan dengan China, dan mengatakan bahwa itu adalah konflik diplomasi terburuk yang pernah ada.

Ardern mengakui ada kerumitan dalam hubungan dengan China, tetapi dia menepis kekhawatiran tentang keretakan dengan mitra dagang terbesar Selandia Baru itu.

Kunjungan ke China itu akan dipangkas hanya menjadi satu hari, menyusul masih berlakunya momen berkabung atas serangan teror penembakan massa di Christchurch, yang menewaskan 50 orang.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Bersitegang Satu Sama Lain

Pembicaraan Ardern dengan pemerintah China akan mencakup diskusi seputar peningkatan perjanjian perdagangan bebas antara kedua negara, serta beberapa masalah strategis lainnya.

Ketegangan terakhir antara kedua negara terjadi pada bulan lalu, ketika China menunda kampanye pariwisata besar di Selandia Baru, beberapa hari sebelum peluncurannya.

Tidak ada alasan resmi mengenai hal itu, sehingga memicu meningkatnya kekhawatiran akan ketegangan yang meluas di antara kedua negara.

Tahun lalu, Selandia Baru mengeluarkan pernyataan kebijakan pertahanan yang menyebut semakin kuatnya pengaruh China di Pasifik Selatan, dapat merusak stabilitas regional.

Pemerintahan Ardern juga menyinggung tentang ketegangan di Laut China Selatan, yang disebutnya karena invasi pengaruh Beijing di sana.

Pendapat itu seketika mendapat keluhan dari China, yang menyebutnya konyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.