Sukses

Dubes RI untuk Rusia: Vladimir Putin ke Indonesia Tahun Ini, Optimis...

Duta Besar RI untuk Rusia M. Wahid Supriyadi mengatakan dirinya optimis bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan berkunjung ke Indonesia tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi optimis Vladimir Putin akan berkunjung ke Indonesia tahun ini.

Kabar kunjungan presiden Negeri Beruang Merah itu terdengar sejak 2017 silam kala kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia datang ke Indonesia.

Namun, hingga kini Putin belum juga berkunjung ke Tanah Air. Pada Mei 2018 lalu, kedatangan sang presiden terhalang saat Rusia tengah melangsungkan pemilihan umum yang kembali yang dimenangkan oleh Putin.

Menanggapi hal ini, Dubes Wahid optimis jika Putin akan berkunjung ke Indonesia tahun ini.

“Saya optimis Putin akan ke Indonesia tahun ini. Kedatangannya hanya tinggal menunggu waktu, ujar Dubes Wahid  di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Saat ditanya apa ada kendala dalam proses kunjungan, ia kembali menegaskan bahwa tidak ada kendala. Hanya masalah waktu saja.

Dubes Wahid juga menegaskan apabila kunjungan ini terlaksana maka akan ada banyak penandatangan kerja sama yang dilakukan oleh Rusia dan Indonesia.

"Pertemuan itu sendiri akan berfokus dan membahas masalah Strategy Partnership. Adanya kerja sama Bilateral pada tingkat tinggi," jelasnya.

"Rusia juga akan melakukan kerja sama dalam peningkatan ekonomi dan perdagangan. Rusia juga akan turut membawa pengusahanya ke Indonesia."

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simplifikasi Visa

Hal lain yang turut akan dibahas adalah upaya kunjungan turis dari kedua negara. Masalah simplifikasi visa juga akan dibahas. Sehingga masyarakat yang akan berkunjung lebih dipermudah.

"Dengan adanya simplifikasi visa, pihak kedutaan juga akan dipermudah dan tidak lagi mengalami kesulitan," jelas Dubes Wahid.

"Rusia juga selalu meningkatkan kuota beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Dan tahun ini mereka ingin meningkatkan lagi. Jadi masalah visa ini sangat penting."

"Apalagi dengan adanya Festival Indonesia Moskow akan sangat memengaruhi kunjungan wisatawan ke Tanah Air."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.