Sukses

Bisa Tahan Emosi... 4 Hewan Ini Punya Sikap Serupa Seperti Manusia

Bukan hanya tingkat intelektual saja yang beberapa dari hewan miliki, namun sifat lain. Mulai dari mengatur emosi hingga kemampuan komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Semua makhluk hidup diciptakan dengan kekurangan serta kelebihan. Selama ini kita menilai jika hewan adalah makhluk ciptaan Tuhan yang tak dikaruniai akal dan pikiran.

Namun, ada sejumlah hewan yang tanpa kita sadari memiliki kesamaan dengan manusia, terutama dalam tingkat kecerdasan.

Bukan hanya tingkat intelektual saja yang beberapa dari mereka miliki, namun sifat lain. Mulai dari mengatur emosi hingga kemampuan komunikasi.

Seperti dikutip dari laman toptenz.net, Rabu (27/2/2019), berikut empat hewan yang punya sifat sama dengan manusia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kemampuan Komunikasi Siamang

Komunikasi yang kompleks adalah sesuatu yang membedakan kita dari semua hewan lain di Bumi. Tetapi perbedaan dalam kompleksitas itu tidak seluas yang kita yakini semula.

Faktanya, kelompok peneliti telah mengidentifikasi 26 suara yang dibuat oleh siamang bertangan putih yang hampir dapat digambarkan sebagai kata-kata yang diucapkan manusia.

Ini adalah jenis suara yang mungkin digunakan manusia pertama untuk berkomunikasi satu sama lain lebih dari 1,8 juta tahun yang lalu, menurut tim peneliti.

Selama analisis mereka tentang siamang, para ilmuwan telah menyadari bahwa beberapa suara berfungsi sebagai peringatan terhadap jenis predator tertentu.

3 dari 5 halaman

2. Tingkah Manipulasi Anjing

Menurut studi ilmiah terbaru di ilmu psikologi hewan, diketahui bahwa anjing ternyata bisa melakukan tindak manipulasi untuk mendapatkan apa yang dikehendakinya.

para psikolog telah menyimpulkan bahwa anjing melakukan ekspresi wajah tertentu untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari sahabat mereka, yaitu manusia.

Ekspresi wajah tertentu ini terbukti tidak dipengaruhi oleh kehadiran makanan, atau rangsangan lainnya, dan bukan sesuatu yang anjing lakukan untuk berinteraksi satu sama lain.

Dengan kata lain, anjing membuat 'wajah' ini hanya di hadapan manusia, dan dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan perhatian mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Kontrol Emosi Bonobo

Bonobo atau yang dikenal dengan simpanse kerdil, adalah satu dari dua anggota genus simpanse Pan. Anggota yang lain adalah simpanse biasa atau Pan troglodytes.

Sama seperti manusia, hewan ini bisa mengatur emosi mereka sendiri.

Bonobo menangani emosi mereka sendiri dan tahu bagaimana cara bersikap pada makhluk lain, termasuk manusia.

Bahkan, Bonobo mampu menghibur rekannya yang lain dalam kesusahan baik dengan mencium, merangkul, atau menyentuh mereka.

5 dari 5 halaman

4. Stres Ala Babon

Babon adalah spesies dari kelompok primata dan merupakan salah satu hewan cerdas di Bumi. Babon memiliki kemampuan kognitif yang mirip dengan simpanse dan orangutan untuk urusan perilaku.

Hewan ini memiliki kemampuan untuk mengatasi stres. Babon juga dapat menciptakan sistem sosial yang kompleks dan memiliki kemampuan kritis untuk keluar dari situasi yang sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.