Sukses

5 Kota di Dunia dengan Tingkat Curah Hujan Tertinggi di Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Bogor dikenal sebagai kota hujan. Julukan tersebut diberikan karena tingginya curah hujan di kota yang terletak di Jawa Barat tersebut.

Namun, Bogor tidak masuk dalam lima besar kota dengan curah hujan tertinggi di dunia. Ada sejumlah kota lain di belahan dunia yang menuduki peringkat tersebut.

Bahkan, ada salah satu kota yang memiliki curah hujan nyaris setiap hari. Dari total 365 hari dalam satu tahun, selama 304 hari yang tersiram hujan.

Seperti dikutip dari laman tripsavvy.com, Kamis (7/2/2019), berikut 5 kota di dunia dengan curah hujan paling tinggi di Bumi:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Quibdó, Kolombia

Dengan populasi lebih dari 100.000, Quibdó menjadi kota terbesar di provonsi Choco, Kolombia.

Terletak di dekat pegunungan di sisi barat Kolombia, Quibdó tidak memiliki musim kemarau dan hampir setiap hari turun hujan (rata-rata 304 hari hujan dalam satu tahun).

Musim dingin di bulan Desember mengalami lebih banyak hujan dalam bentuk gerimis. Sementara musim panas (April) terjadi banyak badai disertai hujan.

Pada Maret, jumlah hujan paling sedikit secara keseluruhan, tetapi masih turun selama setengah bulan.

Ironisnya, meskipun curah hujannya besar, Quibdó sering mengalami kekurangan air yang dapat digunakan karena kurangnya sistem penyimpanan air yang andal.

3 dari 6 halaman

2. Monrovia, Liberia

Di pantai barat laut Afrika, ibu kota Liberia, Monrovia, adalah rumah bagi populasi lebih dari satu juta orang.

Musim hujan Monrovia berlangsung dari Mei hingga Oktober, tetapi Juni dan Juli adalah yang paling basah. Selama waktu ini, banyak jalan menjadi tidak bisa dilewati karena sekumpulan lumpur merah yang mengotori jalan.

Sementara antara Desember dan Februari masih sangat lembab dan sesekali turun hujan.

4 dari 6 halaman

3. Hilo, Hawaii

Terlepas dari gambar-gambar kartu pos yang sempurna dari pantai dan sinar matahari, Kepulauan Hawaii memiliki daerah dengan curah hujan tertinggi di dunia.

Bagian dari pulau Maui, seperti Big Bog di tepi Taman Nasional Haleakala dan gunung Puu Kukui mengalami curah hujan yang sangat banyak dalam satu tahun.

Ketika datang ke kota-kota Hawaii, Pulau Besar Hilo adalah yang terbanyak dengan 272 hari hujan setiap tahun.

 

5 dari 6 halaman

4. Mangalore, India

Dengan populasi 400.000, Mangalore adalah kota kecil di India. Kota ini mempunyai hujan paling banyak dari semua kota di Negeri Bollywood tersebut.

Kota ini berada di sepanjang Laut Arab di pantai barat India di mana sungai Netravathi dan Gurupur bertemu.

Selain Mangalore, negara bagian Meghalaya di timur laut India adalah lokasi kedua desa terbasah.

6 dari 6 halaman

5. Buenaventura, Kolombia

Buenaventura adalah salah satu kota di kawasan barat Kolombia. Kota ini terletak lebih dari 100 mil dari Quibdó -- kota di Kolombia yang juga memiliki curah hujan tinggi.

Meski begitu, secara signifikan kota ini lebih besar dalam populasi dengan lebih dari 300.000 penduduk. Buenaventura terletak di sepanjang Samudra Pasifik. Januari hingga April adalah bulan terkering, tetapi dalam bulan-bulan terbasah (September dan Oktober), kota ini menerima lebih banyak hujan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Terima Ditilang Polisi, Pemuda Ini Hancurkan Sepeda Motor
Artikel Selanjutnya
Kerap Salah Kaprah, Ini Cara yang Benar Konsumsi Pisang hingga Kue Mangkuk