Sukses

6 Perubahan Warna Kuku Ini Bisa Jadi Indikasi Gangguan Kesehatan

Seejumlah perubahan warna pada kuku ini menujukkan bahwa ada sejumlah penyakit yang mengintai Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kuku adalah bagian dari tubuh yang dapat menunjukkan kondisi seseorang, apakah sehat atau sakit. Meski terlihat sederhana, kuku dapat merefleksikan kesehatan manusia.

Salah satu cara mengidentifikasi penyakit adalah dengan membedakan warna kuku seseorang, baik pada tangan atau kaki.

Beda warna, maka akan beda pula jenis gejala yang dialami oleh seseorang. Dengan cara seperti ini Anda bisa mencegah datangnya penyakit lebih cepat dari sebelumnya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (9/11/2018), berikut 6 perubahan warna kuku yang dapat menunjukkan penyakit Anda:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kuning

Dalam banyak kasus, kuku yang berubah menjadi warna kuning menunjukkan bahwa Anda mengalami infeski jamur. Apabila tidak diobati dalam waktu dekat, maka kondisi ini bisa memburuk.

Semakin lama, warna kuning tersebut akan menjadi kehijau-hijauan lalub rapuh. Penyebab terjadinya masalah ini disebabkan oleh penuaan.

Masalah paru-paru yang disebabkan oleh aktivitas merokok dan sering menggunakan kuku akrilik berkualitas rendah.

 

3 dari 7 halaman

2. Putih

Kuku dengan warna memutih dan terdapat garis-garis merah muda pada bagian atasnya juga menunjukkan indikasi bahwa Anda mengalami gagal jantung kongestif.

Tak hanya itu, ada penyakit lain seperti gagal ginjal, diabetes dan beberapa masalah seperti hepatitis atau sirosis. Terkadang, hal ini juga dapat disebabkan oleh penuaan.

 

4 dari 7 halaman

3. Pucat

Jika kuku Anda pucat. Anda mungkin memiliki kekuarangan nutrisi atau masalah sirkulasi yang mencegah darah sampai ke ujung jari Anda.

Dalam kasus terparah, hal ini bisa menyebabkan anemoa dan kekurangan zat besi dalam aliran darah Anda.

 

5 dari 7 halaman

4. Merah Tua

Kuku dengan warna merah tua bisa diidentifikasikan bahwa Anda rentan dengan penyakit jantung. Jika kemerahan terlihat hingga ke ujung kuku maka itu bisa dikategoriakn sebagai autoimun atau lupus.

 

6 dari 7 halaman

5. Biru Keungu-unguan

Kuku biru keungu-unguan bisa berarti bahwa Anda mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh. Permasalahan ini bisa diakibatkan oleh masalah jantung dan paru-paru seperti emfisema dan bronkitis kronis.

 

7 dari 7 halaman

6. Abu-Abu dan Cokelat

Warna kuku lainnya dapat menjadi tanda berbagai masalah kesehatan.

Misalnya, jika kuku Anda menjadi coklat, ini menunjukkan bahwa Anda memiliki penyakit tiroid atau masalah gizi.

Kuku berwarna abu-abu biasanya disebabkan oleh penggunaan beberapa obat yang diresepkan seperti pil antimalaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.