Sukses

Longsor di Lokasi Pembangunan Jalan Penang Malaysia, 3 Orang Tewas Tertimbun

Empat kontainer yang digunakan para pekerja sebagai tempat tinggal di lokasi pembangunan jalan di Penang, Malaysia dilaporkan juga terkubur.

Liputan6.com, George Town - Tanah longsor terjadi di sebuah lokasi konstruksi di Penang, Malaysia. Tiga orang tewas dalam insiden yang terjadi pada Jumat 19 Oktober 2018, demikain menurut anggota dewan eksekutif negara bagian Phee Boon Poh.

"12 orang lainnya hilang," tambah anggota dewan eksekutif itu, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (19/10/2018). 

Tanah longsor terjadi sebelum pukul 14.00 siang di Jalan Bukit Kukus di kota Paya Terubong, di mana sedang ada pembangunan jalan.

Empat kontainer yang digunakan para pekerja sebagai tempat tinggal di lokasi itu terkubur, media setempat melaporkan.

"Longsor mencakup area sekitar 500 kaki (152 meter) dan 200 kaki (61 meter)," kata Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Penang, seraya menambahkan bahwa informasi awal menunjukkan bahwa 10 orang diperkirakan terkubur hidup-hidup.

Operasi pencarian dan penyelamatan korban longsor sedang berlangsung hingga berita ini dimuat.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor Uganda

Bencana longsor sebelumnya terjadi di lereng Gunung Elgon di Uganda timur, yang juga menghancurkan rumah-rumah dan mengubur hewan. 31 orang dilaporkan tewas.

Martin Owor, Komisaris Manajemen Tanggap Bencana lokal mengatakan tanah longsor itu terjadi di Baduda, sebuah distrik kecil di lereng gunung terkait pada Kamis sore, 11 Oktober 2018.

"Sebagian besar orang terperangkap di area pasar ketika bencana tanah longsor menerjang, membawa batuan besar yang terdorong oleh luapan sungai," ujar Owor menjelaskan kronologinya, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post pada Jumat 12 Oktober 2018.

Lokasi bencana, sekitar 250 kilometer dari ibu kota Kampala, berada tidak jauh dari perbatasan Kenya, yang sejak lama memang dikenal rawan longsor.

Pada tahun 2010, longsor serupa terjdi di sisi lain lereng gunung, yang menewaskan sedikitnya 80 orang.

Tim bantuan sekarang sedang menyisir daerah itu untuk mencari dan menyelamatkan para korban, kata Owor.

"Banyak orang telah mengungsi dan mereka membutuhkan perlindungan, makanan dan semua dukungan lainnya," jelas Owor menyebut kondisi darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor