Sukses

Alibaba Teken Kontrak dengan Mitra Rusia, Perusahaan Lokal Cemas Kalah Saing

Raksasa perdagangan elektronik asal Tiongkok, Alibaba, telah membuat kesepakatan senilai US$ 2 miliar dengan mitra Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Raksasa perdagangan elektronik (e-commerce) asal Tiongkok, Alibaba, telah membuat kesepakatan senilai US$ 2 miliar (setara Rp 29,8 triliun) dengan mitra Rusia, mengancam para pemain lokal asal Negeri Beruang Merah yang saat ini beroperasi di pasar.

Di Rusia, semua orang berbicara tentang ekspansi Alibaba ke negara itu, menyusul kesepakatan yang ditanda tangani dengan mitra Rusia pada 11 September 2018 di Vladivostok.

Bersama dengan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), operator telekomunikasi MegaFon, dan perusahaan internet Mail.Ru Group, Alibaba akan meluncurkan AliExpress Rusia. Beberapa orang telah menyebutnya sebagai "kesepakatan sebagai tahun ini," seperti dikutip dari RBTH Indonesia (2/10/2018).

Sementara isi kontrak diharapkan mulai aktif pada awal 2019, sudah diketahui bahwa Alibaba akan memiliki 48 persen AliExpress Rusia, sedangkan MegaFon 24 persen, Mail.Ru 15 persen, dan RDIF 13 persen.

Kerja sama ini akan memanfaatkan 100 juta pengguna Mail.Ru di seluruh media sosial, layanan pesan, surel, dan online game.

Dengan memiliki akses ke pengguna itu, kerja sama tersebut bertujuan menciptakan platform satu atap untuk aktivitas sosial, komunikasi, game, dan belanja.

"Mudah saja, Alibaba Group memasuki Rusia demi memperluas pasar penjualan dan meningkatkan perputaran perdagangan dengan meningkatkan jumlah konsumennya," kata Roman Blinov, kepala departemen analisis dari Pusat Keuangan Internasional di Moskow.

Melalui Mail.Ru, yang memiliki jejaring sosial populer Rusia Odnoklassniki dan VK, Alibaba akan mampu memanfaatkan basis pelanggan yang banyak.

"Usaha baru ini akan memungkinkan konsumen untuk membeli barang yang diproduksi di Rusia dan luar negeri, tanpa meninggalkan platform yang sudah akrab bagi mereka," ujar Ekaterina Tumanova, kepala departemen analisis di perusahaan FinIst.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendorong E-commerce Rusia untuk Bersaing

Sebagai imbalan untuk dukungan penuh negara (bahkan Presiden Vladimir Putin sendiri memuji perjanjian tersebut), mitra Rusia ingin memanfaatkan keahlian dan teknologi Alibaba dan memperluas bisnis mereka melalui integrasi internasional.

Saat ini pangsa e-commerce di pasar ritel Rusia adalah 4 persen - cukup rendah dibandingkan dengan 10-15 persen di negara-negara maju. Jadi, Rusia berharap kerja sama ini akan membantu meningkatkan perkembangan digital negara dan memberdayakan pengusaha lokal untuk bersaing secara global.

"Pengalaman kami di Tiongkok dan pasar lain di seluruh dunia memenuhi syarat untuk membantu membangun infrastruktur perdagangan masa depan di Rusia dan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka," Presiden Alibaba Group Michael Evans menjelaskan.

Namun begitu, pemain baru yang besar mungkin menjadi tantangan bagi pemain e-commerce lokal yang saat ini beroperasi di pasar.

Menurut Alexander Egorov, seorang ahli strategi mata uang di perusahaan pialang TeleTrade, sejak langkah pertamanya, AliExpress Rusia mungkin akan menguasai 50-70 persen pasar dan bahkan mengalahkan salah satu aktor pemain utama saat ini, Yandex.Market.

"Yandex mungkin harus mengambil langkah dengan memperluas jangkauan produknya dan menawarkan lebih banyak layanan kepada pelanggan," kata Egorov.

Yandex sendiri cenderung beranggapan bahwa masuknya pemain baru tidak akan menghambat persaingan sehat di pasar.

"Kami berharap kerja sama baru ini dapat memastikan kebahagiaan konsumen dan akan membangun ekosistem yang memungkinkan semua pemain pasar mendapatkan manfaat dari sumber dayanya," ujar layanan pers perusahaan kepada Russia Beyond.

"Kami yakin bahwa persaingan yang sehat akan mendorong pengembangan pasar e-commerce di Rusia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Alibaba