Sukses

11 Trik Sederhana Ini Ampuh Samarkan Bintik Hitam dan Noda Gelap di Kulit

Anda tak perlu mengeluarkan biaya sampai ratusan ribu atau jutaan rupiah demi menyingkirkan noda gelap dan bintik hitam di kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit adalah organ tubuh terbesar manusia. Banyak orang, terutama wanita, rutin merawat dan menjaga kondisi kulit mereka agar selalu sehat dan cantik. Biasanya, mereka menggunakan bantuan medis.

Menurut statistik, permasalahan kulit yang paling umum --seperti bintik hitam bekas jerawat-- memengaruhi 80 persen kehidupan seseorang. Yang perlu dipahami adalah bintik hitam dapat muncul di permukaan kulit manusia pada usia berapa pun.

Bintik hitam dan noda gelap dapat muncul di kulit kita secara tiba-tiba, tetapi kehadirannya bukan tanpa alasan. Para ilmuwan menunjukkan bahwa ada beberapa faktor utama yang dapat memicu kondisi kulit seperti ini, antara lain paparan sinar matahari, peradangan, perubahan hormonal, obat-obatan, beberapa masalah kesehatan lainnya (misalnya, penyakit hati) dan penuaan.

Jika Anda menemukan fakta seperti ini, jangan panik atau frustasi karena ada solusi sederhana yang dapat Anda coba sekarang.

Mengutip laman Bright Side, Senin (20/8/2018) inilah 11 solusi sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan noda gelap dan bintik hitam demi mengembalikan kecerahan warna kulit Anda.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunakan Obat Alami

1. Kentang

Salah satu solusi alami yang membantu menyamarkan bintik hitam dan noda gelap pada kulit adalah kentang. Anda dapat mengaplikasikan jus kentang atau irisan tipis kentang segar ke area kulit yang terdampak dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Ulangi cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal. Umumnya, mereka yang telah mencoba resep ini memperhatikan perubahan positif setelah 7-8 hari.

2. Lidah Buaya

Sifat anti-penuaan dini dan zat bergizi yang terkandung dalam Aloe vera (Lidah Buaya) menjadikannya obat yang luar biasa untuk mengatasi permasalahan kulit.

Anda cukup menyediakan satu batang lidah buaya, potong menjadi dua bagian dan gosokkan pada kulit Anda. Biarkan mengering dan bilas dengan air. Ulangi perawatan ini setiap hari sampai noda gelap dan bintik hitam di wajah tampak menghilang dari sebelumnya.

3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah besar, menjadikannya obat yang sempurna untuk mengatasi segala macam permasalahan  kulit.

Buat masker dengan mencampur 1 sendok makan bubuk kulit jeruk dan 3 sendok makan susu cair. Oleskan masker ini di area yang terdapat noda gelap atau bintik hitam. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

4. Lemon

Lemon adalah bahan alami lain yang memiliki sifat pemutih yang kuat. Oleskan jus lemon segar ke kulit daerah bernoda gelap dan bintik hitam menggunakan kapas. Biarkan jus ini mengering, lalu bilas dengan air. Aplikasikan ramuan tersebut setiap hari selama minimal 2 minggu.

Anda juga dapat mencampur jus lemon dengan madu untuk masker wajah. Kedua bahan tersebut akan membantu mencerahkan, menyehatkan, mengelupaskan, dan bahkan meratakan warna kulit Anda.

5. Minyak Kelapa

Berkat sifatnya yang kaya gizi, antibakteri, dan melembabkan, minyak kelapa menjadi obat alami yang dapat menciptakan sebuah keajaiban bagi kulit, terlebih kulit yang dipenuhi oleh bercak hitam.

Oleskan minyak kelapa ke area yang terkena dan biarkan kulit Anda menyerapnya.

6. Cuka Sari Apel

Campur air dan cuka sari apel untuk mendapatkan warna kulit merata pada tubuh Anda. Oleskan campuran ini ke area yang terrkena, biarkan kering, lalu bilas dengan air. Oleskan setiap hari sampai bintik hitam di kulit Anda memudar.

7. Nanas

Nanas kaya akan asam alami yang efektif untuk memutihkan kulit.

Caranya: buat jus nanas, kemudian oleskan dengan kapas ke area noda gelap. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Anda juga bisa menggosok kulit yang terapat bintik hitam dengan irisan tipis nanas segar.

8. Gandum dan Yogurt

Cobalah masker yang terbuat dari gandum dan yogurt untuk memutihkan kulit.

Caranya: campurkan 1 sendok makan gandum dengan 2 sendok makan yogurt alami tanpa aditif. Oleskan campuran ini ke kulit Anda. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air.

3 dari 4 halaman

2. Ubah Kebiasaan

9. Hindari Berlama-Lama Berada di bawah Sinar Mentari

Paparan sinar Matahari adalah salah satu faktor yang menyebabkan bercak gelap pada kulit Anda. Menghabiskan waktu dengan berlama-lama di bawah sinar Matahari bisa memicu produksi melanin, sebab melanin merupakan perlindungan alami kulit kita dari radiasi Matahari yang berbahaya.

Apabila Anda berniat untuk berjemur, jangan lupa gunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar.

10. Berhenti Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa jenis bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap, bahkan ketika kita tidak terkena sinar Matahari. Jika kulit Anda rentan timbul bercak hitam, pastikan Anda mulai mengurangi konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

4 dari 4 halaman

3. Waspada Terhadap Risiko

Jika tidak ada perubahan yang bermanfaat bagi Anda atau jika Anda melihat kondisi kulit Anda justru semakin memburuk, maka Anda harus mempertimbangkan untuk tidak lagi mengunjungi dokter langganan Anda dan mulailah dengan pengobatan alami.

Jangan menunggu sampai bercak hitam menjadi semakin parah dan tumbuh tidak terkontrol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.