Sukses

Lagu Daerah Papua Meriahkan Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di Mesir

Selain lagu daerah Papua, upacara pengibaran bendera Merah Putih juga dilaksanakan guna memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia di Mesir.

Liputan6.com, Kairo - Sekalipun jauh dari Tanah Air, warga negara Indonesia yang berada di Mesir turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia. Pelaksanaan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih pun khidmat dan semarak. Demikian bunyi pernyataan tertulis KBRI Kairo yang diterima Liputan6.com, Jumat, 17 Agustus 2018.

Selain pengibaran bendera, beberapa lagu daerah khas Indonesia turut digaungkan. Salah satunya ialah lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko.

Upacara memperingati detik-detik Proklamasi digelar di halaman KBRI Kairo, Mesir, pada pukul 08.25 waktu setempat. Upacara ini dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran. Selain staf KBRI, upacara juga diikuti oleh guru dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC), mahasiswa dan WNI yang tinggal di Negeri Piramida itu.

Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran, memimpin jalannya upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia. (KBRI Kairo)

Sementara satu peleton Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera berasal dari gabungan pelajar Indonesia yang belajar di SIC dan Ma’had Al Azhar Mesir. Khusus untuk paduan suara, KBRI Kairo melibatkan puluhan pelajar dari SIC.

Selain lagu Yamko Rambe Yamko, tim paduan suara juga menyanyikan lagu daerah Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan. Sembari menyanyikan lagu daerah, para siswa SIC memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung. Alhasil, perpaduan bunyi angklung dengan dua lagu daerah yang dibawakan pun terdengar apik.

Para siswa SIC memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung. (KBRI Kairo)

Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara tasyakuran. Sesi ini diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Perlombaan yang digelar antara lain lomba bowling, bulu tangkis, sepak takraw, catur, tenis meja, serta permainan khas peringatan HUT RI, seperti tarik tambang dan balap karung.

Selain pemotongan tumpeng, acara tasyakuran juga diwarnai dengan doa bersama untuk para korban gempa Lombok.

"Semoga perayaan ini bisa menumbuhkan semangat bagi generasi muda kita di sini (Mesir) untuk menjaga kesatuan, keutuhan, dan keberagaman Indonesia di masa mendatang," kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kairo, Abdurrahman Sabran.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.