Sukses

Armenia Tawarkan Bantuan untuk Turki

Gempa berkekuatan 7,3 SR yang mengguncang Turki memang telah menyebabkan kerusakan parah. Untuk itu, Armenia menawarkan bantuan untuk tetangga dekatnya itu.

Liputan6.com, Ankara: Gempa berkekuatan 7,3 SR yang mengguncang Turki telah menyebabkan kerusakan parah. Untuk itu, Armenia menawarkan bantuan untuk tetangga dekatnya itu.

Seperti dilansir laman reporter.am, Senin (24/10), tawaran Armenia tersebut berupa sekelompok sukarelawan, tim ahli, juga berbagai keperluan lain yang dibutuhkan oleh mereka yang selamat dari maut. Tawaran ini disampaikan langsung oleh Presiden Armenia, Serge Sargsyan. Dalam pesannya, Sargasyan menyampaikan rasa belasungkawa dan mendoakan keselamatan seluruh rakyat Turki.

Tawaran bantuan juga datang dari Amerika Serikat dan negara lain, tetapi pemerintah Turki sampai saat ini menolak semua bantuan asing dengan alasan mereka memiliki sumber daya cukup untuk menangani krisis ini sendiri.

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) melanda kawasan timur Turki, Ahad (23/10). Menurut walikota setempat, gempa tersebut juga menyebabkan setidaknya dua bangunan ambruk di pusat kota timur Van. Observatorium Gempa Kandilli melaporkan, awalnya gempa mengguncang dengan kekuatan 6,6 SR dengan kedalaman 5 kilometer. Kemudian, beberapa kali gempa susulan sekuat 5,5 SR kembali mengguncang kawasan tersebut [Baca: Gempa 7,3 SR Guncang Turki Timur]. (YUS)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.