Sukses

Jelang Anwar Ibrahim Berpidato, Pebisnis dan Pejabat RI Ramaikan Forum Kepemimpinan Bisnis di Jakarta

Anwar Ibrahim akan memberikan pidato kunci di forum kepemimpinan petinggi bisnis The ECGL Leadership Forum 2018, beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengusaha dan pejabat Indonesia telah datang meramaikan forum kepemimpinan petinggi bisnis The ECGL Leadership Forum 2018 yang diprakarsai oleh firma think-tank Executive for Global Leadership (ECGL) di Fairmont Hotel, Jakarta. Demikian pantauan Liputan6.com pada Rabu (4/7/2018).

Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim dijadwalkan menyampaikan pidato kunci dalam kegiatan yang bertajuk "Redefining Leadership Making a Difference" tersebut. Anwar rencananya akan berpidato sekitar pukul 11.00 WIB.

Turut hadir Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato kunci. Menteri Rini akan mendapat giliran berpidato pertama sekitar pukul 10.00. Dilanjutkan pidato Anwar Ibrahim, dan ditutup oleh pidato Wapres JK sekitar pukul 13.00.

Suasana jelang The ECGL Leadership Forum 2018 di Fairmont Hotel, Jakarta (4/7) (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

Perhelatan itu mengundang jajaran pimpinan berbagai BUMN RI, perusahaan swasta, duta besar negara sahabat, dan ketua lembaga tinggi negara.

Tanri Abeng, pendiri dan pimpinan ECGL menjelaskan bahwa forum itu diharapkan mampu menjadi wadah yang mencerahkan bagi para peserta dalam menghadapi berbagai tantangan terkini seputar dunia usaha dan bisnis Indonesia di tengah era digital dan global.

"Forum ini dapat membantu pergerakan bisnis Indonesia, dengan memanfaatkan segala kemampuan dan sarana terbaru, termasuk politik, dalam melihat peluang bisnis secara jeli pada masa kini," kata Tanri Abeng, pendiri dan pimpinan ECGL dalam konferensi pers pada Senin (2/7/2018), dua hari sebelum pelaksanaan forum.

"Harapannya, dengan forum ini, pebisnis dan bangsa Indonesia akan merasakan manfaat positif di bidang ekonomi serta bisnis pada masa mendatang," tambah mantan Menteri BUMN RI pertama itu.

Mengomentari kehadiran tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim sebagai salah satu pembicara kunci dalam forum tersebut, Tanri mengatakan, "Dia (Anwar) itu tengah berproses menjadi perdana menteri Malaysia kan, Perdana Menteri Mahathir Mohamad pun saat ini tengah 'menyiapkannya' ke arah sana. Jadi saya rasa, kehadiran Anwar sangat penting."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuka Peluang Bisnis dan Politik Indonesia-Malaysia

Tanri pun menilai, hadirnya pejabat tinggi RI bersama Anwar Ibrahim dalam forum itu "Akan membuka jalan bagi hubungan bisnis dan politik yang lebih harmonis lagi bagi Indonesia-Malaysia pada masa mendatang."

Menteri BUMN Rini Soemarno dijadwalkan mendapat giliran pertama menyampaikan pidato kunci bertemakan, "Kepemimpinan dalam Badan Usaha Milik Negara".

Wapres RI Jusuf Kalla akan mendapat giliran kedua, dengan menyampaikan pidato kunci bertajuk, "Kebijaksanaan dalam Memimpin."

Sedangkan Anwar Ibrahim, dengan tema pidato "Kepemimpinan Politik", akan bersua pada sesi makan siang formal (luncheon speech).

Ini menjadi 'safari politik' kedua Anwar Ibrahim ke Indonesia sejak dirinya bebas dari penjara usai mendapat pengampunan dari Raja Malaysia pada 16 Mei 2018.

Empat hari kemudian, pada 20 Mei 2018, mantan wakil perdana menteri Malaysia itu melaksanakan pertemuan dengan Presiden ketiga RI, BJ Habibie di Jakarta. Hal itu, menjadikan Habibie dan Jakarta sebagai figur serta lokasi di luar negeri yang pertama kali dikunjungi oleh Anwar setelah dirinya menghirup udara bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia

  • Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.
    Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.

    Anwar Ibrahim