Sukses

Tinggi Badan Polisi di Jerman Harus di Atas 163 Cm, Alasannya Ternyata...

Tiga perempuan yang mengikuti proses seleksi kepolisian Jerman dan memiliki tinggi badan di bawah 163 cm ini protes.

Berlin - Pemerintah Jerman menerapkan peraturan ketat untuk para calon polisi di negara bagian Nordrhein-Westfalen, yakni tinggi badan paling rendah minimal 163 cm.

Demikian putusan pengadilan wilayah itu pada Kamis 28 Juni 2018, yang dikutip dari DW, Senin (2/7/2018).

Putusan ini menyebabkan proses pelatihan yang diikuti ketiga pelamar institusi kepolisian Jerman itu tersendat di tengah jalan. Tiga perempuan yang mengikuti proses seleksi kepolisian dan memiliki tinggi badan 161,5 cm, 162 cm, dan 162,2 cm yang terkena dampaknya.

Ketiganya pun protes dan menyebut aturan tersebut diskriminatif.

Pengadilan Tinggi Administrasi di Münster beralasan bahwa "pihak pemberi pekerjaan memiliki kebebasan penuh" dan "menurut penyelidikan komprehensif asosiasi tenaga kerja negara bagian tersebut, tinggi badan yang pantas bagi polisi yang bertugas adalah 163 cm."

Kenapa Ukuran Jadi Masalah?

Menurut surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung, asosiasi buruh yang dimaksud melaporkan bahwa tinggi badan antara 160 cm hingga 162,9 cm menimbulkan risiko yang sulit untuk diterima baik dalam hal menjalankan tugasnya maupun risiko yang membahayakan keselamatan aparat kepolisian lainnya.

"Fakta yang memperlihatkan bahwa lebih banyak perempuan daripada pria yang akan dikeluarkan dari dinas kepolisian karena perbedaan ukuran tinggi badan rata-rata dibenarkan oleh aturan sah demi memastikan polisi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan oleh karenanya lembaga negara yang bersangkutan dapat menjalankan fungsinya," bunyi dokumen pengadilan tersebut.

"Kandidat harus pantas untuk menjalankan seluruh tugas," kata pengadilan menambahkan, dan "negara seharusnya tidak membuat pengecualian untuk kandidat yang lebih kecil, meski kandidat tersebut kuat dan terlatih."

Polisi Pendek Cenderung Dipandang Sebelah Mata

Argumen yang melarang orang yang lebih pendek dari 163 cm untuk bertugas sebagai polisi mengemukakan alasan bahwa orang bersangkutan kesulitan menjalankan tugas aparat kepolisian Jerman seperti cenderung diremehkan saat mengontrol lalu lintas, atau kesulitan untuk menyelimuti korban yang terjebak kebakaran.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.