Sukses

Rezeki Nomplok, 5 Orang Ini Temukan Harta Karun di Tempat Aneh

Liputan6.com, Jakarta - Beragam film populer telah berkontribusi besar dalam membentuk persepsi khalayak tentang lokasi harta karun yang tersembunyi.

Di pulau antah-berantah di samudera nan luas, di reruntuhan kuil peninggalan kebudayaan masyarakat kuno di belantara hutan, di palung laut terdalam, atau lokasi fantastis nan menakjubkan lain di belahan dunia yang belum terjamah.

Tapi itu film, bukan kehidupan nyata.

Di kehidupan nyata, justru banyak kisah yang membuktikan bahwa sejumlah orang berhasil menemukan harta karun di lokasi yang tak terduga; dekat dengan rutinitas mereka.

Mulai dari bak sampah di sebuah bandara atau di sebidang tanah lapang tempat orang berlalu-lalang.

Berikut, 5 orang yang menemukan harta karun di tempat-tempat aneh yang dekat dengan aktivitas sehari-hari mereka, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber (20/6/2018).

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Janitor Korsel Temukan Emas di Tong Sampah

Bak tertimpa durian runtuh, seorang petugas kebersihan di Korea Selatan menemukan tujuh emas batangan di sebuah tong sampah.

Menurut The Korea Times, pria itu menemukan tujuh batangan emas senilai US$ 330.000 (setara Rp 4,6 miliar) saat mengosongkan tong sampah di Bandara Internasional Incheon pada pada 26 April 2018 lalu. Demikian seperti dikutip dari BBC (2/5/2018).

Emas batangan yang masing-masing memiliki berat 1 kg itu ditemukan dalam kondisi terbungkus kertas koran.

Petugas kebersihan itu pun segera melapor kepada polisi atas temuannya.

Polisi menduga bahwa emas batangan itu merupakan hasil curian. Pelaku atau sekelompok tersangka membuangnya dengan terburu-buru karena takut ditangkap.

Kabarnya, si petugas kebersihan yang menemukan emas batangan tersebut belum sah menjadi pemilik harta karun tak terduga itu. Polisi masih menyimpannya untuk sementara.

Akan tetapi, jika tak ada pemilik resmi yang mengklaim benda itu sampai waktu yang ditentukan undang-undang, maka si petugas kebersihan berhak menerima persenan dari temuan emas batangan itu.

Penemu benda hilang yang berstatus non-pemilik hanya akan dapat mengklaim secara sah antara 5 - 20 persen dari total harga barang -- dalam kasus itu, sesuai dengan harga atau kurs emas terbaru.

Maka, si janitor hanya bisa mengklaim kepemilikan emas batangan itu setara US$ 65.000 (sama dengan Rp 906 juta) sesuai ketentuan hukum.

3 dari 6 halaman

2. Pria Inggris Temukan Koin Kuno di Sawah

Mike Smale, yang berprofesi sebagai nelayan, mampu kaya mendadak setelah menemukan tumpukan koin kuno bernilai 200 ribu pound sterling atau Rp 3,5 miliar di sebuah sawah di daerah Bridport, Inggris.

Penemuan tersebut berhasil dilakukannya hanya dengan bermodalkan sebuah detektor logam. Setelah ditelisik, koin yang ditemukannya tersebut berusia 2.000 tahun dan berasal dari zaman romawi.

Mike Smale sendiri mengaku kaget saat menemukan satu koin murni tersebut. Sesaat setelah detektor logamnya berbunyi, ia segera menggali tanah pertanian tersebut dan menemukan sekitar 600 buah koin kuno langka.

"Ini sangat luar biasa, penemuan besar yang kualami sekali seumur hidup. Saya sudah menemukan satu atau dua peninggalan Romawi pagi itu," ungkap Mike seperti dilansir dari Mirror.co.uk.

4 dari 6 halaman

3. Pria Jepang Temukan Duit Rp 5,1 Miliar di Tempat Sampah

Seorang pria Jepang menemukan 'harta karun' berupa uang sebesar 42,5 juta yen di sebuah tempat pembuangan sampah.

Pria berusia 63 tahun yang bekerja sebagai petugas fasilitas pembuangan sampah di Numata, Jepang itu menemukan harta karun tersebut di tempat ia bekerja.

Hebatnya, uang itu ia serahkan kepada kepolisian, seperti yang diwartakan The Telegraph, Kamis, (6/4/2017).

Berdasarkan hukum yang berlaku di Jepang, si penemu akan mendapatkan upah sebesar 5 hingga 20 persen dari uang hasil temuannya apabila pemilik yang sah telah mengklaim. Jika dalam tiga bulan tidak ada pihak yang mengklaim sebagai pemilik yang sah, maka, uang itu jadi milik yang menemukan.

Apapun skenarionya, pria Jepang itu, secara harafiah, benar-benar mendapatkan 'uang kaget'.

5 dari 6 halaman

4. Emas Batangan dalam Tank Bekas Perang

Seorang mekanik asal Inggris yang juga merupakan karyawan perusahaan tank A-Lot menemukan lima emas batangan dengan berat sekira 5,6 kg dan ditaksir bernilai US$ 1,2 juta atau setara Rp 15,9 miliar. Setelah ditemukan emas tersebut langsung diserahkan pada polisi.

Peristiwa tersebut bermula saat perusahaan Mead baru membeli Tank tipe 69 dari situs jual beli eBay. Saat mereka periksa, sebuah senjata ditemukan di dalam tangki bahan bakar. Sontak saja Mead kaget bukan kepalang dan mencoba memeriksa apakah ada barang lain disana.

Ternyata benar saja. Saat dibongkar terdapat lima emas batangan yang tersembunyi di dalam tank seperti dilansir dari Telegraph.

Usut punya usut, emas tersebut kabarnya telah dijarah tentara Irak saat melakukan invasi ke Kuwait pada 1990. Agar tak diketahui, emas disembunyikan di dalam tank.

6 dari 6 halaman

5. Koin Emas dalam Pot

Pada 2012, Owen Johnson sedang memeriksa lubang yang digali di kebunnya oleh para pekerja bangunan. Kemudian terlihat olehnya suatu pot keramik terkubur dalam tanah. Ia mencoba menggali pot itu, tapi kemudian retak dan merekah.

Kemudian kepingan-kepingan koin emas dan perak berhamburan keluar. Dilansir dari Telegraph, Johnson menemukan hampir 600 koin dari Abad ke-17, termasuk sebuah cincin.

Koin-koin itu memiliki nilai nominal 85 pound sterling dan 12 shilling, cukup untuk membayar gaji seorang tentara Perang Sipil selama lima tahun. Namun demikian, nilainya pada 2013 adalah 54.492 pound sterling atau Rp 936 juta.

Pihak Dewan Kota Wakefield membeli koleksi harta karun itu. Koleksi itu sekarang terpajang di Pontefract Museum.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasangan Ini Temukan Harta Karun dalam Brankas Tua Berkarat
Artikel Selanjutnya
4 Misteri Harta Karun yang Belum Terpecahkan hingga Saat Ini