Sukses

Bermodalkan Lego, Pria Ini Bikin Robot Pembuat Sarapan

Robot pembuat sarapan ini diciptakan dari batangan Lego.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu problem sebagian orang ketika pagi hari adalah ingin sarapan tetapi malas menyiapkannya. Jangankan memasak makanan yang sulit, mengambil sehelai roti dan selai saja dirasa berat.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, aktivitas manusia kian dipermudah. Salah satu contoh perkembangan teknologi terkini adalah robot pembuat menu sarapan.

Dikutip dari laman UPI.com, Jumat (11/5/2018), dalam sebuah unggahan di situs pemutar video, akun The Brick Wall menunjukkan sebuah robot pembuat sarapan yang dibuat dari batangan Lego.

Dalam video tersebut terlihat sebuah robot bernama Breakfast Machine yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa memasak.

Robot ini bisa memasukkan potongan daging ke atas wajan panas. Setelah digoreng, mesin ini punya alat kusus untuk membalik atau menggeser potongan daging tersebut sehingga bisa masak dengan sempurna.

Canggihnya lagi, robot ini bisa memecah telur tepat di atas wajan yang panas. Jika telur sudah hampir matang mesin ini juga bisa menuangkan sedikit garam dan merica di atas telur dan daging.

Setelah dirasa cukup, spatula pada mesin akan mengangkat telur goreng dan daging ke piring makan Anda.

Iouri Petoukhov, sang pembuat robot Breakfast Machine sengaja menciptakan alat berbahan Lego ini untuk ayahnya.

"Ayah saya selalu ingin memasak sarapan namun sulit untuk melakukannya," ujar Iouri Petoukhov.

"Saya rasa ayah pantas untuk menerima hadiah ini," tambah Iouri Petoukhov.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Restoran India Pekerjakan Robot

Pada Desember 2017, sebuah restoran di India jadi sorotan. Bukan karena dekorasi yang menarik atau jenis makanan yang dijual, melainkan konsep layanan yang mereka terapkan.

Jika selama ini pihak restoran menggunakan sumber daya manusia untuk dipekerjakan sebagai pelayan, maka beda halnya dengan tempat makan yang satu ini.

Dilansir dari laman Straits Times, restoran yang terletak di India bagian selatan ini menggunakan jasa robot untuk mengantar makanan para pelanggan.

Robot putih biru yang dipercantik dengan syal merah tersebut akan mengantar makanan konsumen dengan sebuah nampan yang mereka bawa.

Tak hanya mengantar makanan, robot-robot ini juga akan mengangkut piring-piring kotor yang telah digunakan.

"Kami telah mencoba berbagai konsep untuk menarik minat para konsumen. Salah satu upaya yang telah dilakukan yaitu membuat dekorasi tempat makan. Tetapi hal itu tak terlalu berarti," ujar Karthik Kannan, pemilik restoran tersebut.

"Hingga akhirnya, kami memutuskan intuk membuat restoran dengan tema robot. Mereka akan kami jadikan pelayan dan bertugas sebagai pengantar makanan. Hal ini sangat unik untuk masyarakat India," tambahnya.

Inspirasi ini didapatkan oleh Kannan ketika ia melihat sudah banyak restoran di luar negeri yang menggunakan teknologi.

Setelah makanan telah siap dimasak, robot akan secara otomatis menjalankan perintah untuk mengantarkan makanan ke meja pelanggan.

Menanggapi inovasi yang ditawarkan oleh restoran tersebut, para pelanggan mengatakan bahwa robot-robot yang dipekerjakan telah bekerja dengan baik.

"Kami tak menduga jika robot tersebut melayani kami dengan begitu cepat," kata Roopa, seorang pelanggan di restoran tersebut.

Terkadang, robot ini tak hanya bertugas sebagai pengantar makanan. Mereka juga kerap diajak foto selfie oleh para pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.