Sukses

Para Mantan Presiden AS Hadiri Upacara Pemakaman Barbara Bush, Donald Trump Absen

Liputan6.com, Houston - Sejumlah mantan Presiden Amerika Serikat termasuk di antara ratusan pelayat yang hadir dan memberi penghormatan dalam upacara pemakanan mantan Ibu Negara AS, Barbara Bush, pada Sabtu, 21 April 2018 waktu setempat. Tapi, Presiden Donald Trump justru absen.

Seperti dikutip dari VOA (22/4/2018), para mantan presiden yang tampak hadir antara lain; suami Barbara, Presiden ke-41 AS, George H.W Bush, dan anaknya, Presiden ke-43 AS George W Bush.

Presiden Barack Obama dan Presiden Bill Clinton juga turut menghadiri upacara pemakaman yang di gelar di Gereja Episcopal St. Martin, selatan Kota Houston, Texas.

Barbara Bush dan suaminya mulai menjadi jemaat di gereja itu sejak mereka pindah ke Houston pada 1950-an.

Ibu Negara Melania Trump juga berada diantara para pelayat, beserta mantan Ibu Negara Michelle Obama dan Hillary Clinton.

Melania mewakili Presiden AS Donald Trump yang berhalangan hadir.

Lewat Twitter, Trump mengemukakan bahwa ia absen menghadiri upacara pemakaman Barbara Bush.

"Sedang menuju ke White House di Selatan (Mar-a-Lago di Florida) untuk menonton pemakaman Barbara Bush (lewat televisi. Ibu Negara Melania telah tiba di Houston. Hari yang indah," kicau Donald Trump.

 

Saksian juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jeb Bush Sampaikan Eulogi

Putra kedua tertua Barbara, yang juga mantan Gubernur Florida, Jeb Bush, menyampaikan eulogi dalam pemakaman sang ibu.

Jeb juga didampingi Susan Baker, sahabat Barbara Bush sejak lama dan istri mantan Menteri Luar Negeri James Baker III, yang menjabat semasa pemerintahan presiden Bush senior.

"Ia guru dan suri teladan kami serta menunjukkan bagaimana meniti kehidupan yang bertujuan dan bermakna," kata Jeb seperti dikutip dari VOA.

Jeb Bush juga bergurau bahwa ibunya menyebut gayanya sebagai "diktator yang baik hati."

Ditambahkannya, "tetapi sejujurnya, tidak selalu baik," yang disambut tawa jemaat upacara pemakaman.

Sementara Sarah Baker menggambarkan Barbara Bush sebagai sosok yang "cerdas, kuat, menyenangkan dan penuh semangat."

Sejarawan Jon Meacham yang menulis biografi suami George H.W Bush juga ikut menyampaikan eulogi.

Sebelumnya, pada Jumat 20 April, ribuan orang menghadiri acara perpisahan dengan Barbara Bush -- seorang ibu yang memimpin keluarga politik paling berpengaruh di Amerika Serikat selama beberapa dekade terakhir.

Barbara Bush akan dimakamkan di The George W Bush Presidential Library and Museum di Texas A&M University, sekitar 160 kilometer dari Houston, dimana putrinya yang berusia tiga tahun, Robin, dimakamkan. Robin meninggal karena leukemia pada 1953.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.