Sukses

Operasi Caesar Induk yang Mati, Nelayan Selamatkan 98 Bayi Hiu

Liputan6.com, Geelong - Seorang nelayan di Australia menyelamatkan 98 anak hiu setelah melakukan operasi caesar pada hiu betina yang ia tangkap.

Peristiwa itu dibagikan melalui sebuah video di Facebook, seperti dimuat Channel News Asia, Senin (16/4/2018).

Dalam unggahan di Facebook tertanggal 9 April, Mathew Orlov berbagi video yang menunjukkan dia tengah mengiris perut bagian bawah hiu dengan pisau seperti melakukan operasi caesar untuk menyelamatkan keturunan binatang laut tersebut.

Orlov lalu mengeluarkan puluhan anak hiu dari dalamnya. Lalu menghitung dengan suara keras saat mengeluarkan bayi-bayi tersebut.

Media setempat melaporkan, insiden itu terjadi di lepas pantai Barwon Heads, Victoria, Australia.  Selain itu juga menyebutkan bahwa Orlov mengklaim hiu tersebut kemungkinan telah dianiaya oleh hiu lain sebelum tenggelam.

Saat melihat hiu tersebut, Orlov menyadari bagian perutnya bergerak. Ia lalu memotongnya untuk menyelamatkan bayi-bayi hiu.

"Menangkap hiu sevengill 2,71 meter hari ini, ia sepertinya sudah diserang oleh hiu lain. Induk hiu itu tengah hamil - kami akhirnya mengeluarkan dan melepaskan 98 anak hiu ke laut, saya sendiri tak percaya."

"... tapi setidaknya kita punya anak hiu yang bertahan hidup)," katanya dalam video.

"Saya belum pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya, tetapi saya sudah lama memancing dan mengetahui bahwa kami harus mengeluarkan anak-anak hiu secepat mungkin."

Dia kemudian melemparkan anak-anak hiu itu ke laut. "Mereka berenang dengan kondisi cukup sehat."

Orlov kemudian memasak induk hiu yang mati untuk keluarganya makan. "Sebagai nelayan, saya menangkap ikan untuk dimakan," katanya. "Daging dari hiu ini memberi makan banyak anggota keluargaku."

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bayi Hiu Terbang?

Sementara itu, bayi hiu di AS membuat satu keluarga terkejut bukan main karena binatang tersebut berada di halaman belakang rumah mereka.

Sue Bowser mengatakan cucunya menemukan hiu Dogfish dalam keadaan sudah mati di dekat kolam Virginia Beach, Virginia pada 26 Juni 2015 lalu.

"Ini bisa jadi rumah ikan hiu, tapi mudah-mudahan tidak terlalu banyak lagi yang akan jatuh dari langit," kata Bowser kepada wavy.com seperti dikutip dari News.com.au, Kamis 9 Juli 2015.

"Anak-anak yang menemukannya, mereka masuk ke rumah lalu dengan bersemangat mengatakan, 'Kami menemukan hiu di halaman belakang'."

Bowser berpikir Dogfish mungil sepanjang 33 cm itu mati, dan dijatuhkan oleh osprey besar yang juga dikenal sebagai elang ikan atau elang laut. Meski sempat muncul dugaan ada tornado menyedot bayi hiu itu lalu menjatuhkannya dari atas. 

"Ada tanda kecil di sisinya, mungkin bekas tusukan cakar, dan ada sedikit darah di sisi itu," kata Bowser.

Ia pun kemudiam menyimpan makhluk berlendir di freezer bersebelahan dengan bubur apel. Tapi kadang-kadang mengeluarkannya untuk ditunjukkan kepada teman dan kerabat.

"Aku ingin mengawetkan hiu ini, karena banyak orang bertanya-tanya tentang hal itu. Aku pikir itu juga sangat unik," tutur Bowser.

Loading
Artikel Selanjutnya
Geger Penyakit Bakteri Pemakan Daging Asal Afrika Merebak di Australia
Artikel Selanjutnya
Perdana, Australia Uji Coba Polisi Tidur Pintar