Sukses

Diam-Diam Kim Jong-un Bertemu Xi Jinping di Beijing, Ada Apa?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, diam-diam telah berkunjung ke Beijing, China, untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Liputan6.com, Beijing - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, diam-diam telah berkunjung ke Beijing, China, untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Pertemuan itu pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh kedua negara.

Itu merupakan kunjungan luar negeri pertama Kim semenjak dirinya menjabat sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara pada 2011.

Dikutip dari BBC, Rabu (28/3/2018), kunjungan tersebut dianggap sebagai langkah signifikan Korea Utara dalam mempersiapkan pertemuan delegasinya dengan pejabat tinggi Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Rencananya, Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada April 2018. Sementara itu, Kim dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Mei 2018.

Sebelum pertemuan Kim dan Xi dikonfirmasi, pada awal pekan ini media lokal melaporkan bahwa seorang pejabat tinggi tiba di China menggunakan kereta khusus. Namun, tidak disebutkan siapa pejabat tinggi tersebut. 

 

Saksikan Video soal Pertemuan Kim Jong-un dengan Delegasi Korsel di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal yang Dibicarakan

Media asal Negeri Tirai Bambu, Xinhua, melaporkan bahwa Kim Jong-un mengadakan perbincangan yang sukses dengan Xi Jinping di Beijing.

Sebelumnya, sejumlah analis memperkirakan bahwa keduanya akan bertemu sebelum Kim mengadakan dialog dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.Pasalnya, China merupakan sekutu ekonomi utama Korea Utara.

Xinhua mengatakan, dalam pertemuan itu Kim meyakinkan China bahwa ia berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi.

Sementara itu kantor berita Korea Utara, KCNA, menyebut pertemuan itu sebagai tonggak dalam meningkatkan hubungan dengan China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.