Sukses

Lihat Planet Venus Lebih Terang Saat Senja Maret Ini

Planet Venus atau Bintang Kejora terlihat menghiasi langit senja pada bulan Maret ini. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, New York - Planet terdekat kedua dari matahari, Venus, akhirnya akan kembali terlihat di langit barat saat senja. Bulan ini adalah momen tepat untuk menikmati keindahan Venus, terutama dari bagian utara Bumi.

Dikutip dari Info Astronomy, Jumat (23/3/2018), untuk beberapa minggu ke depan, Venus masih berada di titik terendah di atas cakrawala barat saat senja. Untuk melihatnya, Anda harus mencari tahu waktu matahari terbenam di lokasi Anda. Sekitar 20 hingga 25 menit, Venus baru bisa menampakkan diri.

Apabila dilihat dengan mata telanjang, karena Venus berada pada jarak yang sangat jauh dari Bumi, planet ini akan tampak seperti bintang kecil yang memancarkan cahaya terang, namun tak berkelip.

Perjalanan Venus menapaki langit senja sebenarnya telah dimulai sejak 9 Januari 2018, saat berada dalam titik konjungsi superior, yakni berada di sisi yang berlawanan dengan matahari dalam pandangan dari Bumi.

Setelah enam minggu sejak konjungsi superior, 98 persen permukaan Venus masih diterangi matahari, sehingga terlihat hampir bulat sempurna (jika diamati melalui teropong). Namun, fase ini akan berubah seiring orbitnya mengelilingi Matahari.

Menurut informasi yang dihimpun dari Skyandtelescope.com, Venus akan bertahan di langit barat saat senja hingga bulan Oktober 2018, ketika berada dalam titik konjungsi inferior.

Pertengahan Maret adalah waktu yang tepat untuk melihat Venus dan Merkurius, terutama dari belahan Bumi utara. Sedangkan dari belahan Bumi selatan, penampakan Venus dan Merkurius lebih sulit dilihat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi Pasti Planet Venus

Karena Planet Venus terus bergerak mengelilingi matahari, maka posisinya tidak berhenti di satu titik saja di langit, melainkan akan terbit lebih tinggi setiap malamnya.

"Bintang Kejora" ini masih akan ada di bawah 10 derajat dari cakrawala barat pada 1 Maret 2018 pukul 18.00 waktu setempat daerah Anda. Namun, di jam yang sama pada 1 Juli 2018, Venus sudah berada pada ketinggian 30 derajat dari cakrawala barat.

Dilansir dari Space.com, pada 17 Agustus 2018 nanti Planet Venus akan mencapai elongasi tertinggi atau jarak sudut terbesarnya dari matahari. Saat itulah, Venus akan mencapai ketinggian 46 derajat dari cakrawala barat.

Venus tak pernah berada di posisi lebih tinggi dari itu, karena planet ini merupakan planet dalam (inner planet). Itulah mengapa Venus tidak pernah terlihat di langit tengah malam, melainkan hanya beberapa jam sebelum matahari terbit atau beberapa jam setelah matahari terbenam.

Di garis khatulistiwa (0 derajat lintang), Venus akan muncul sekitar satu jam setelah matahari terbenam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.