Sukses

Ratu Elizabeth Resmi Restui Pernikahan Harry dan Meghan

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth dari Inggris memberikan restu secara resmi kepada cucunya, Pangeran Harry, untuk menikah dengan sang tunangan, artis asal Amerika, Meghan Markle.

Dalam surat kepada Dewan Penasihat (Privy Council), badan penasihat formal kerajaan yang beranggotakan para politikus, hakim, dan uskup, Ratu Inggris mengukuhkan restu atas pernikahan Pangeran Harry, yang berada di urutan kelima ahli waris takhta Kerajaan Inggris, dan Markle, bintang serial TV, Suits.

Surat restu Ratu Inggris tertanggal Rabu, 14 Maret 2018.

Pernikahan Harry dan Meghan, seperti enam pernikahan kerajaan sebelumnya yang berada di urutan langsung ahli waris takhta, harus disetujui oleh ratu, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (17/3/2018).

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Suksesi Takhta 2013 yang mengganti undang-undang sebelumnya dari Abad ke-18.

Akan tetapi, langkah ini lebih karena alasan formalitas. Sebelumnya, Ratu Elizabeth telah menyatakan kegembiraannya atas pertunangan pasangan tersebut.

Ratu Elizabeth mengatakan akan menghadiri upacara pernikahan di kediamannya Kastil Windsor, di Barat London, pada 19 Mei 2018.

Dia juga pernah mengundang Markle menghadiri perayaan Natal bersama keluarga kerajaan di Sandringham, di timur Inggris.

1 dari 2 halaman

Foto Tunangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan Markle yang rencananya akan menikah pada musim semi 2018, telah merilis foto pertunangan mereka.

Dikutip dari laman AsiaOne, lewat serangkaian foto yang diambil oleh fotografer fashion Alexi Lubomirski yang berbasis di New York, Pangeran Harry melanjutkan tradisi kerajaan dengan membagikan foto resmi pertunangannya.

Lubomirski adalah mantan asisten Mario Testino. Mario adalah seorang fotografer langganan Putri Diana semasa hidupnya.

"Saya tak bisa menahan senyum saat melihat foto yang saya ambil. Sangat tergambar jelas kebahagiaan mereka," ujar Lubomirski.

Dalam foto tersebut, Meghan terlihat begitu cantik. Tangannya ia letakkan di atas lutut Harry dan mengenakan gaun Ralph and Russo.

Di foto lain, dengan santai Meghan menyentuh wajah Harry yang menambah kesan romantis. Dalam foto itu, Meghan tampak cantik dengan balutan sweter Victoria Beckham dan Harry dengan mantel Burberry. Demikian dikutip dari laman abcnews.go.com.

Selain punya hubungan sejarah dengan Putri Diana, alasan Harry dan Meghan memilih Lubomirski sebagai fotografer karena sepak terjangnya dalam dunia fotografi.

Karya Lubomirski kerap muncul di majalah Vogue. Deretan model terkenal seperti Julia Roberts, Nicole Kidman, dan Beyonce pun pernah ia foto.

Artikel Selanjutnya
Anjing Kesayangan Ratu Elizabeth Mati di Usia 14 Tahun
Artikel Selanjutnya
Cek, 20 Nama Anak Favorit Keluarga Kerajaan Inggris (2)