Sukses

Dubes RI Pertama untuk Bhutan Resmi Bertugas

Didahului sejumlah prosesi, Dubes RI untuk Bhutan menyerahkan surat kepercayaan kepada Raja Bhutan.

Liputan6.com, Thimphu - Duta Besar RI untuk India dan Bhutan yang berkedudukan di New Delhi, Sidharto Reza Suryodipuro, telah menyerahkan surat kepercayaan (credentials) kepada Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuk di Kompleks Kantor Raja dan Pemerintahan Bhutan, di Thimphu pada 15 November 2017.

Dubes Sidharto adalah Duta Besar RI pertama yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Raja Bhutan sejak hubungan diplomatik kedua negara dibuka pada tahun 2011. Demikian seperti dikutip dari keterangan resmi KBRI New Delhi yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/11/2017).

Penyerahan surat kepercayaan didahului dengan Chhipdrel, sebuah prosesi upacara tradisional penyambutan para delegasi menuju Ceremonial Hall.

Prosesi diakhiri dengan Zhugdrel Phunsum Tshogpa, upacara tradisional pemberian persembahan beberapa jenis minuman tradisional dan nasi kuning oleh para biksu negara kepada hadirin.

Pada kesempatan pembicaraan setelah upacara, Raja Bhutan menyampaikan ucapan selamat atas penugasan Duta Besar LBBP RI yang baru. Raja Bhutan juga berkesempatan berbicara empat mata dengan Duta Besar RI mengenai upaya peningkatan hubungan kedua negara.

Dubes RI untuk India dan Bhutan Sidharto Reza Suryodipuro (ketiga dari kanan) dan Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuk (tengah) (dok. KBRI New Delhi)

Duta Besar RI yang mengenakan setelan jas hitam dan songket Bali dalam upacara tersebut didampingi oleh istri, Atase Pertahanan beserta istri, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI New Delhi. Duta besar negara lain yang turut menyerahkan surat kepercayaan kepada Raja Bhutan adalah Austria dan Maroko.

Surat kepercayaan atau diplomatic letter of credence menandai penugasan diplomatik resmi seorang delegasi negara asing di negara tempatnya berdinas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini