Sukses

Busa Beracun Kepung Warga India dan Ganggu Lalu Lintas

Setelah hujan lebat mengguyur selama beberapa hari, busa putih beracun muncul dari 2 danau terpolusi di India dan meluap ke pemukiman.

Liputan6.com, Bangalore - Kumpulan busa beracun menggumpal di kawasan hunian penduduk di tepi dua danau yang sangat tercemar di India. Penampakan itu muncul setelah hujan lebat mengguyur selama beberapa hari dan menyebabkan timbulnya reaksi kimia.

Danau di Bangalore, barat daya India itu ternyata memang untuk tempat pembuangan berbagai limbah industri beracun yang menghasilkan busa berbau busuk.

Dalam video yang beredar di media sosial, seperti dimuat Daily Mail yang dikutip Jumat (18/8/2017), terlihat 'dinding' busa setinggi bangunan, berserakan melalui pagar kawat dan tertiup ke jalanan dan mengganggu lalu lintas.

Sebuah klip yang diunggah ke Twitter menunjukkan bahwa sungai busa beracun mengalir di aliran terpencil di Bangalore. Para pejalan kaki berada di balik pagar pelindung.

Pagar itu dipasang secara khusus di kota yang juga dikenal sebagai Silicon Valley of India -- karena banyak perusahaan teknologi di sana -- untuk menjaga agar gumpalan busa tak keluar jalan.

Kendati demikian Danau Varthur dan Bellandur sering meluap dan membawa gundukan busa yang dihasilkan oleh bahan kimia, termasuk amonia, fosfat dan oksigen yang terlarut.

Laporan berita lokal menyebutkan bahwa situasi saat ini di Bangalore yang juga dikenal sebagai Bengaluru sangat buruk. Kondisi busa beracun yang timbul akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Senin 14 Agustus, dilaporkan merupakan yang terburuk di Bangalore sejak 1890.

Penampakan busa beracun itu bukan pertama kalinya terjadi di daerah tersebut. Sebelumnya gumpalan putih berbahaya dari Danau Bellandur dan Varthur itu pernah meluap pada Oktober 2015.

Busa yang tercipta akibat reaksi kimia dari hujan itu mudah terbakar. Dari hasil pengujian, didapati jumlah senyawa kimia fosfor dan anorganik yang sangat tinggi di kedua danau.

Awal tahun ini, Hindustan Times melaporkan, National Green Tribunal memerintahkan agar industri di sekitar danau Bellandur harus ditutup dan dikenakan sanksi berat pada siapa pun yang membuang limbah di dan sekitar danau.

Sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi masalah polusi di Bangalore, pejabat kota diberi waktu sebulan untuk membersihkan danau tersebut, namun usaha itu tampaknya sia-sia.

Berikut ini video busa beracun yang mengepung warga di sekitar danau di India itu:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.