Sukses

Pengalaman Diaspora Mengantre Demi Lihat Obama

Kehadiran Presiden ke-44 AS Barack Obama di Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta ternyata menjadi daya tarik bagi diaspora.

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama dalam acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di The Hall Kasablanka, Jakarta, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi diaspora, tak hanya untuk khalayak umum.

Ketika Obama tengah memberikan sambutan pada acara Kongres Diaspora Indonesia yang digelar pada Sabtu 1 Juli 2017, ratusan lebih orang pun masih terlihat mengantre di luar ruangan konferensi.

"Antrean panjang mengular di depan 'Wayang Bistro', menunggu kesempatan untuk masuk dan melihat Obama," ujar salah satu diaspora, Irma Anzia kepada Liputan6.com.

Menurut penuturan Irma, masyarakat umum yang telah mendaftar masuk acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 secara online diberi jalur khusus. Selain itu, antrean untuk mereka yang mendaftar di tempat terlihat membeludak.

"Panitia tampak kewalahan karena sempat ada beberapa orang yang menyerobot tanpa ditegur. Setelah pengantre lain menegur baru panitia bertindak," jelas dia.

"Panitia lalu mengumumkan bahwa antrean umum sudah akan dibuka. Para pengunjung yang akan keluar juga tampak membeludak," imbuhnya.

Irma juga menuturkan bahwa eskalator untuk pengunjung umum yang hendak menghadiri acara itu dibedakan dengan para undangan.

Pantauan Liputan6.com sejak Sabtu pagi, 1 Juli 2017, antrean peserta Kongres Diaspora Indonesia ke-4 terlihat mengular di Mal Kota Kasablanka.

Antrean panjang bahkan hingga ke lantai bawah lokasi penyelenggaraan.

"Saya sudah datang dari pagi tadi pukul 06.00. Ramai banget dan mungkin gara-gara Obama kali, ya? Dan menurut saya sih, yang datang ini kebanyakan dari kalangan intelektual," kata Febrianti Tri Cahyani, Wakil Ketua Indonesia Diaspora Network Cabang Manila.

Selain Obama, Kongres Diaspora Indonesia ke-4 akan dihadiri sejumlah diaspora, figur penting, dan perwakilan sejumlah negara.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.