Sukses

Hiroshima Peringati Bom Atom Ke-65

Liputan6.com, Hiroshima: Kota Hiroshima, Jepang, memperingati ulang tahun bom atom yang ke-65 pada Jumat (6/8) ini danĀ  menyerukan dunia agar bebas dari senjata nuklir. Demikian yang dilansir media online Xinhua. Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menghadiri upacara peringatan di Taman Perdamaian Hiroshima, dan menjadi Sekjen PBB pertama yang menghadiri upacara tahunan ini. Sebelum ke Hiroshima, dia juga untuk pertama kalinya mengunjungi Nagasaki, kota kedua Jepang yang dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat pada saat Perang Dunia II.

Ban bergabung dengan perwakilan dari lebih 70 negara, termasuk Duta Besar AS untuk Jepang John Roos, yang menjadi wakil AS pertama yang hadir acara tersebut, serta perwakilan dari Perancis dan Inggris. "Saya merasa terhormat untuk menjadi sekretaris jenderal PBB pertama untuk mengambil bagian dalam upacara peringatan perdamaian pada ulang tahun ke-65 ini, dan saya terharu. Kedatangan saya ke sini untuk perdamaian dunia," ucap Ban saat acara peringatan.

Walikota Hiroshima, Tadatoshi Akiba, membuat deklarasi perdamaian di upacara tersebut, mendesak Jepang untuk memimpin dalam mencapai penghapusan senjata nuklir tahun 2020. Hal ini mengingat ledakan bom atom di Hiroshima yang menewaskan sekitar 100.000 orang dalam sekejap. Beberapa saat kemudian 9 Agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki, 4 hari kemudian Jepang menyerah. Beberapa tahun setelah perang, banyak orang-orang Jepang terkena penyakit yang diakibatkan oleh radiasi bom atom.(Xinhua/AYB)

    PRABOWO SEBUT PERUSAHAAN PERUSAK LINGKUNGAN RAMAI DI ERA JOKOWI

    Tutup Video