Sukses

Angela Merkel Kembali Calonkan Diri Jadi Kanselir Jerman

Pada pemilihan umum Jerman tahun depan, 2017, Angele Merkel akan kembali mencalonkan diri sebagai kanselir untuk 4 periode berturut-turut.

Liputan6.com, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat di pemerintahan. Ia mempublikasikan informasi itu usai pertemuan partainya, Christian Democratic Union (CDU), di markasnya di Berlin, Jerman.

"Aku kira akan melakukan kampanye secara maksimal. Aku bersumpah untuk memperjuangkan nilai-nilai dan cara hidup kita di Jerman," kata Merkel yang dikutip dari BBC, Senin (21/11/2016).

Pemilihan umum Jerman diperkirakan berlangsung tahun depan atau pada 2017.

Dalam jajak pendapat, popularitas Merkel terus tergelincir. Kendati demikian, dia tetap mendapat banyak dukungan.

Angela Merkel telah menjadi Kanselir Jerman sejak tahun 2005. Pencalonannya kembali kali ini mendapat tantangan dari partai sayap kanan populis, AFD.

"Keputusan untuk mencalonkan diri pada masa jabatan keempat ini dilakukan karena hal-hal sepele yang dilewati selama 11 tahun menjadi Kanselir Jerman," ucap Merkel kepada para wartawan.

Pada bulan September lalu, Merkel mengalami kekalahan pemilu untuk partainya, CDU, di beberapa negara. Ia mengakui bahwa kebijakan membuka pintu terhadap imigran adalah faktor utama kekalahannya.

Menurut kepala kantor federal untuk migrasi dan pengungsi negara awal tahun ini, diperkirakan hingga 300.000 migran akan tiba di negara itu. Sebelumnya pada 2015, Jerman menerima lebih dari satu juta aplikasi suaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini