Sukses

Detik-Detik Longsor Nyaris Mengubur Pengendara Mobil

Adegan longsor di China tersebut terekam kamera ponsel salah satu pengendara. Berikut ini cuplikannya.

Liputan6.com, Yunnan - Telat sedikit, maut bisa menjemput para pengendara yang tengah melintasi daerah selatan pegunungan China.

Dalam rekaman yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/7/2016), terlihat sebuah mobil yang mendekati Kota Shangri-La pada Senin 11 Juli pagi nyaris tertimpa longsor batu.

Adegan tersebut terekam kamera ponsel salah satu pengendara. Video itu diunggah pertama kali oleh situs media China, CCTV News.

Berikut detik-detik saat sopir mobil berhenti tepat pada waktunya, dan terhindar dari tanah longsor di Provinsi Yunnan.

Longsor China sebelumnya terjadi pada Jumat 8 Juli, di Provinsi Sichuan. Peristiwa ini mengakibatkan jalan raya di dekatnya rusak parah.

Beruntung sopir bus yang membawa 42 penumpang sigap. Ia bergegas memutar balik kendaraan dan berhasil menghindar. Mereka selamat.

Huang Guiquan yang berusia 59 tahun berbalik arah tepat pada waktunya, untuk menyelamatkan 42 orang penumpang.

Pada Mei lalu, 34 orang tewas tertimbun tanah longsor di Provinsi Fujian, China. Longsor itu dipicu hujan lebat dan merusak pembangkit listrik tenaga air yang sedang dalam perbaikan.

Pada Desember 2015, tanah longsor di kota selatan China, Shenzhen, mengubur 77 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.