Sukses

Lebaran di Arab Saudi dan Indonesia Jatuh di Hari yang Sama

Saat Lebaran merupakan hari libur resmi di semua negara mayoritas Muslim.

Liputan6.com, Riyadh - Negara-negara Teluk Arab mengumumkan bahwa mereka akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadan, pada tanggal 6 Juli.

"Pesta tahunan akan dimulai pada Rabu, setelah gagal melihat bulan yang menandai dimulainya festival selama tiga hari," demikian dilaporkan kantor berita resmi Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Kuwait mengutip otoritas keagamaan setempat seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (5/7/2016).

Hari Lebaran bervariasi setiap tahunnya di setiap negara, tergantung pada lokasi geografis.

Idul Fitri berarti "festival berbuka puasa", sekaligus menandai akhir bulan puasa Ramadan. Ini adalah hari libur resmi di semua negara mayoritas Muslim.

Yaman, Indonesia, dan Filipina termasuk di antara negara-negara yang mengumumkan Rabu sebagai hari pertama Idul Fitri tahun ini.

Jelang pengumuman waktu akhir Ramadan di Arab Saudi, bom bunuh diri menghantam dekat Masjid Nabawi di Madinah dan masjid Syiah di Kota Qatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.