Sukses

Kejadian Langka, Ular Ini Terjebak di Kulitnya Sendiri

Hewan melata itu 'berputar-putar' di dalam kulitnya, terperangkap.

Liputan6.com, Alice Spring - Ganti kulit atau shedding adalah proses jalur kehidupan yang penting bagi ular. Proses ini bukan hanya menandai pertumbuhan tubuh ular dari waktu ke waktu, tapi juga memberikan informasi tentang kesehatan ular selama hewan melata itu hidup.

Hal itu yang terjadi dengan ular piton bernama Tim yang tinggal bersama sang pemilik di Alice Spring Reptile Center.

Masalahnya, Tim tak berhasil keluar dari kulitnya sendiri.

Hewan melata itu 'berputar-putar' di dalam kulitnya, terperangkap. Lebih dari 3 jam ia akhirnya berhasil melepaskan dirinya.

"Piton itu berusaha keluar dari kulit lamanya. Berputar-putar dari ekor ke mulutnya," kata Rex Neidrof, direktur pusat reptil di Northern Territory, Australia seperti dilansir dari Daily Mail, Senin 20 Juni 2016.

Neidrof mencoba merekam insiden langka itu dan mempostingnya dalam Facebook. Sudah ada 200.000 orang menyukai video itu.

Tim berusaha keluar dari kulit lamanya.

Setelah mencoba untuk keluar dari kulitnya untuk pertama kalinya, Tim memukul sisi badannya yang lain dan terpaksa kembali melalui mulut kulitnya sudah ia muntahkah, di mana ia mmelakukan layaknya lingkaran.

"Dia berputar-putar selama sekitar tiga jam," kata Neindorf.

Mr Neindorf telah bekerja dengan ular selama lebih dari 30 tahun dan mengatakan ia belum pernah melihat sesuatu seperti itu.

Tim berhasil membebaskan diri dari kulitnya yang terkelupas setelah 'sesi maraton shedding' yang melelahkan dan kembali kandangnya di pusat reptil.

Ular Stimson Piton adalah ular yang tidak berbisa. Bertubuh kecil dan tumbuh sampai satu meter panjang. Keberadaan mereka umum di seluruh Alice Springs.

Berikut 'usaha' Tim keluar dari kulitnya sendiri...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.