Sukses

Putri Masako Melahirkan Bayi Perempuan

Liputan6.com, Tokyo: Putri Mahkota Jepang Masako melahirkan seorang bayi perempuan, Sabtu (1/12) siang. Kelahiran anak pertama pasangan Putra Mahkota Negeri Matahari Terbit itu disambut gembira kalangan istana kekaisaran dan warga Jepang.

Bayi perempuan yang belum diberi nama itu lahir pada pukul 14.43 waktu setempat di Imperial Hospital, Tokyo. Begitu muncul ke bumi, kontan keluarga istana menyambutnya dengan serangkaian upacara ritual, termasuk pemberian pedang simbolis kekaisaran. Bahkan, menurut rencana, Kaisar Akihito akan turun tangan dalam upacara pemandian bayi sesuai tradisi kekaisaran Jepang, sekaligus pemberian nama, pekan depan.

Namun, kebanyakan kalangan tradisionalis di Jepang berharap Putri Masako melahirkan bayi laki-laki. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan kelangsungan pewaris tahta kerajaan. Terlebih lagi, jumlah laki-laki di lingkungan keluarga kaisar sangat langka.

Menurut Undang-undang Jepang Pascaperang Dunia II, hanya laki-laki yang diizinkan duduk di tahta kekaisaran. Sementara itu, kaisar perempuan terakhir yang memerintah Jepang adalah Gosakuramachi yang turun tahta pada 1762.(SID/Nlg)