Sukses

Video Trotoar yang Bisa 'Bernapas' Hebohkan di Dunia Maya

Video trotoar bernapas jadi sorotan di dunia maya. Netizen menduga jalanan kerasukan atau hasil rekayasa perangkat lunak.

Liputan6.com, Cadimare - Sebuah video tengah merebak di dunia maya memperlihatkan trotoar sedang 'mengambil napas' yang dalam. 

Rekaman berdurasi 26 detik memperlihatkan trotoar yang konon 'kerasukan' itu di sebuah galangan kapal di Cadimare, Italia. Menurut laporan media setempat hal itu terjadi karena kekuatan yang dihasilkan oleh pasang laut yang menghempas ke kota.

Meskipun penjelasan sudah diberikan, netizen merasa tidak percaya dengan klaim tersebut. Mereka justru mengatakan video dibuat dengan perangkat lunak grafis 3 dimensi.

Video yang diunggah oleh Viral Hog, memperlihatkan sebuah wilayah yang terjaga oleh pagar besi. Setelah beberapa detik, terdengar suara ombak ketika trotoar mengembang ke atas sebelum kembali ke bentuk semula.

Menurut laporan Nine Msn, saking kuatnya ombak yang menghempas ke kota pantai di Teluk La Spezia membuat sebagian lantai di tengah-tengah trotoar bergerak seperti sedang bernapas.

Netizen telah mengklaim bahwa pergerakan yang terjadi pada trotoar disebabkan oleh Gozer the Destroyer dari film Ghostbuster, entitas yang menghantui bawah tanah.

Dikutip, Dailymail, Selasa (8/3/2016), kendati sebagian besar komentar menerangkan bahwa kejadian itu disebabkan oleh ombak, sebagian besar netizen tetap merasa skeptis.

Salah satu pengguna situs berbagi video dengan nama akun, Lucassnakesman mengungkapkan," Kalau itu bukan hasil dari efek khusus yang luar biasa, atau sesuatu yang tidak beres sedang terjadi di sana."

"Itu hanya tipuan. Lihat kaki-kaki pagar besi, itu adalah hasil rekayasa grafis komputer 3 dimensi," ungkap netizen lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.