Sukses

Dubes Moazzam: 3 WNI Lulusan Terbaik Inggris Sangat Menginspirasi

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menilai kemitraan negaranya di bidang pendidikan sangat penting bagi Indonesia. Menurutnya, diperlukan akses pendidikan tinggi dari luar negeri untuk para siswa di Tanah Air.

Ia pun memberi contoh dengan kesuksesan yang diraih oleh ketiga lulusan terbaik dari universitas Inggris dalam Education UK Alumni Awards 2016.

"Mereka ambassador untuk Indonesia juga Inggris, good to Indonesia and British. Acara ini sangat menginspirasi," ucap Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik yang hadir dalam acara tersebut, Kamis 3 Maret 2016.

"Semoga para pemenang bisa terus bekerja keras dan bisa menginspirasi generasi lainnya untuk mendorong mahasiswa Indonesia untuk belajar di Inggris. Negara yang memiliki 20 universitas terbaik di Inggris...," imbuh Dubes Moazzam.

"Mereka yang sudah lulus sukses kariernya di berbagai bidang. Semoga bisa menjadi contoh kerja kerasnya".

Dubes Moazzam pun menyatakan ia akan memberikan dukungan untuk pendidikan tersebut.

"Kami siap mendukung teman-teman dari Indonesia supaya mereka bisa menikmati kesempatan untuk belajar di Inggris," ucapnya.

Penghargaan dari Pemerintah Inggris

Demi mengapresiasi kesuksesan alumni Inggris yang telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia, British Council bekerja sama dengan institusi pendidikan tinggi Inggris menggelar Education UK Alumni Awards 2016. Dalam penghargaan yang pertama kali dilangsungkan di Indonesia ini terpilihlah 3 tokoh Tanah Air lulusan universitas di Negeri Ratu Elizabeth, sebagai lulusan terbaik dari pemerintah sana.

Ketiga anak bangsa yang meraih penghargaan itu adalah Direktur Teknologi Informasi Universitas Indonesia, Betty Purwandari dalam kategori professional achievement, Theresia Alit Widyasari di entrepreneurial dan Ahmad Fuadi dalam social impact award.

Betty dipandang sebagai alumni terbaik setelah membantu merombak dan memajukan layanan teknologi informasi di UI yang berdampak besar terhadap cara kerja universitas untuk memberikan layanan akademis, riset, dan hubungan masyarakat di skala nasional.

Theresia Alit Widyasari sebagai wirausahawati muda berbakat pendiri 3 merek usaha clothing -- Bloop, Endorse dan Urbie. Lulusan Universitas Westminster jurusan manajemen bisnis fashion itu berhasil menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda dengan mendesain, memproduksi, dan memasarkan produk busana lewat tiga merek baju yang dia ciptakan.

Sedangkan Ahmad Fuadi selaku penulis novel Negeri 5 Menara, dipandang mempunyai dampak sosial yang besar lewat tulisan yang sudah dibuat filmnya. Lulusan Royal Halloway, Universitas London itu yakin jika buku adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk membuat perubahan sosial.

Education UK Alumni Award 2016 adalah salah satu kegiatan yang digelar dalam rangka Bulan Pendidikan Inggris sebagai salah satu upaya mempererat kemitraan Indonesia dan Inggris dalam sektor pendidikan tinggi.

Ajang penghargaan tersebut juga diadakan di sembilan negara lain, seperti Brasil, Tiongkok, Hong Kong, India, Nigeria, Pakistan, Arab Saudi, Turki, dan Amerika Serikat dengan menyeleksi lebih dari 800 alumni yang menjadi nominasi.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.