Sukses

Tahun Ini Emisi Karbon Dunia Turun

Internasional Energy Agency menyatakan emisi gas rumah kaca tahun ini menurun dibandingkan tahun-tahun dalam empat dekade terakhir.

Liputan6.com, London: Internasional Energy Agency (IEA) menyatakan emisi gas rumah kaca tahun ini menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hebatnya, penurunan emisi ini terbesar dalam empat dekade terakhir. Dengan hasil ini, akan memberi kesempatan dunia untuk makin giat meninggalkan sumber energi fosil. Demikian berita yang dilansir AFP, Senin (21/9).

Laporan IEA yang tidak dipublikasikan tersebut menyebutkan turunnya tingkat emisi disebabkan turunnya output emisi industri, termasuk ditundanya rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga uap yang memanfaatkan batu bara. Bahkan disebutkan penurunan akan melampaui penurunan yang terjadi pada tahun 1981, saat terjadi krisis energi minyak. "Ini situasi baru bagi kami dengan perubahan dalam permintaan dan investasi energi. Penurunan emisi yang terjadi akan berarti di Copenhagen," ujar Ketua IEA Fatih Birol.

Rencananya di Copenhagen akan digelar Konvensi Perubahan Iklim yang digagas PBB. Dalam pertemuan tersebut akan disusun kebijakan yang berguna untuk mengatasi fenomena perubahan iklim hingga 2012. Diperkirakan kebijakan pemerintah yang ramah lingkungan akan mampu menurunkan seperempat emisi yang dihasilkan dunia. IEA berharap pertemuan itu juga akan menghasilkan kebijakan yang ramah lingkungan, sehingga mampu menyelamatkan lingkungan dari perubahan iklim.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini