Sukses

Ada Penampakan 'Dewa Kematian' dalam Foto Ini?

Dean Johnson tak percaya hantu. Namun, ia menangkap penampakan diduga makhluk halus. Apa yang lantas terjadi?

Liputan6.com, Northamptonshire - Dean Johnson tak percaya hantu. Selama 30 tahun hidupnya, pria 48 tahun itu pergi ke tempat-tempat angker di seantero Inggris. Untuk membuktikan bahwa makhluk halus itu isapan jempol semata.

Namun, sebuah insiden meruntuhkan keyakinannya. Suatu malam, Johnson pergi ke sebuah pemakaman di Weedon Bec. Dengan menggunakan kamera, ia menangkap penampakan sosok berjubah dan bertudung di antara jajaran batu nisan. Mirip Grim Reaper atau 'Dewa Kematian'.

Johnson bercerita pada Daily Mail soal apa yang ia rasakan saat melihat jepretan teranyarnya itu. "Sangat mengerikan, namun saya tetap tidak percaya hantu!"

Pria asal Northamptonshire itu mengaku, awalnya tak pernah berharap menemukan apapun. Ia asal menjepretkan kamera ke seluruh penjuru pemakaman.

"Saat itu, udara sangat dingin, namun tak berkabut. Saya bisa melihat asap hembusan napas saya. Dan, mata saya tak menangkap penampakan seperti yang ada dalam gambar."

Orang-orang yang melihat gambar tersebut mengira, itu adalah penampakan dewa kematian. "Tapi, menurut saya lebih mirip dengan sosok biarawan dengan tangan di belakang, yang mengenakan jubah bertudung."

 

Sebelumnya, Johnson pernah memotret sejumlah gambar yang 'tak bisa dijelaskan' dengan kameranya. Salah satunya, penampakan suster era Victoria di bekas Rumah Sakit Jiwa St Crispin di Northamptonshire.

Tapi, menurut dia, penampakan 'dewa kematian' adalah fotonya yang paling jelas.

"Saya tak bisa menjelaskan penyebabnya. Orang mengira, sosok seperti itu muncul akibat hembusan nafas seseorang, atau permainan bayangan dan cahaya. Yang ini beda," kata Johnson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petualangan Mencari Hantu

Petualangan Mencari Hantu

Ada alasan Johnson mencari hantu. Entah bagaimana, kematian saudara laki-lakinya membuat pria tak yakin bahwa ada kehidupan sesudah kematian.

Ia menambahkan, "Ketika saudara saya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, saya masih sangat muda. Saat itu, ingin rasanya percaya bahwa ia menjaga saya di atas sana." Namun, keyakinan itu sama sekali tak terbesit dalam jiwanya.

Maka ia setidaknya ingin membuktikan bahwa makhluk halus benar-benar ada. Awalnya, Johnson membaca kisah-kisah hantu untuk mencari tahu. Kemudian, ia berpetualang 'menangkap' dedemit.

Seiring berjalannya waktu, Johnson sudah mengunjungi ratusan lokasi berhantu. Ia menghasilkan banyak gambar aneh. "Namun, 95 persennya bisa dijelaskan dengan nalar. Semua terkait dengan sugesti."

Lokasi penampakan 'dewa kematian', yakni di pemakaman Weedon Bec, terkenal angker. Sebelumnya ada orang yang mengaku mengalami kejadian serupa: menangkap sosok yang mirip dengan hantu penunggang kuda.

Penampakan penunggang kuda di pemakaman. (foto: Richard Durham)

Richard Durham (45) mengunggah foto tersebut di dunia maya. Kemudian, ia menerima puluhan komentar dari orang yang merasa melihat sosok penunggang kuda -- yang terlihat samar di dekat nisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini