Sukses

Kepanasan, Koala Minum Air Tadah Hujan

Liputan6.com, Hope Valley - Karena sangat kehausan, seekor koala di kota Adelaide, South Australia, terpaksa keluar dari habitatnya untuk mencari minum ke habitat manusia.

Dikutip Australia Broadcasting Company, Selasa (23/12/2015), Paul Jansen memergoki seekor koala yang minum aliran air sisa hujan selama 15 hingga 20 menit.

Ketika itu ia sedang mengemudi di sepanjang Vallety Road pada Minggu pagi, 20 Desember 2015, ketika melihat koala itu di tepi jalan. Ia tercengang melihat lamanya sang koala menikmati air.

“Aku pernah punya anjing yang menjilati air sekitar 1 hingga 2 menit lamanya hingga puas, koala ini pasti kehausan,” katanya.

Cuaca pada bulan Desember ini memang sangat panas. Akhir pekan lalu, suhu udara mencapai 40 derajat Celcius selama beberapa hari, di mana suhu ini memecahkan rekor di kota Adelaide.

Peta kejadian gelombang panas di Australia untuk bulan Oktober 2015. (Sumber smh.com.au)

Namun demikian, Rae Campbell , seorang direktur di Adelaide Koala and Wildlife Hospital, mengatakan bahwa koala ini minum sedemikian banyaknya karena ada masalah lain yang jauh lebih serius.

“South Australia adalah satu-satunya negara bagian yang populasi koalanya kerap mengalami gagal ginjal. Kalau ada warga yang melihat koala minum begitu banyaknya, mohon hubungi kami dan kami akan membawa koala itu untuk diuji.”

Menurutnya, koala akan mencari air dari sumber manapun yang bisa ditemuinya. Wanita itu bersama dengan timnya mencari-cari koala pada akhir pekan lalu guna merawat mereka menghadapi sengatan panas dan serangan anjing.

Ujarnya, “Koala datang bertubi-tubi, dari ujung ke ujung.”

Ia juga mengatakan bahwa koala jadi sasaran serangan anjing karena hewan itu turun dari pohonnya untuk mencari air. Usulnya, “Kami menganjurkan orang untuk menempatkan wadah cetek di bawah pohon supaya hewan ini bisa minum tanpa harus berkeliaran terlalu jauh.”

“Kalau warga punya kolam renang, bagus juga kalau ada seutas tali dengan botol kosong dikaitkan pada pagar dan menuntun ke arah kolam. Koala bisa berenang, tapi mereka tidak bisa keluar dari kolam.”

Selanjutnya, “Kalau warga melihat koala yang sepertinya sedang mencari minum, boleh juga disirami dengan air selang.”

Simak penampakan koala yang kehausan menikmati minum melalui unggahan Facebook dari akun Paul Jansen: