Sukses

Melihat Iklan Bahan Bangunan, Dermawan Ini Sumbangkan Ginjal

Dalam pencarian bahan-bahan bangunan di Craiglist, Glenn Calderbank menemukan pencari donor ginjal. Pengalaman hidupnya membantu memutuskan.

Liputan6.com, New Jersey - Seorang duda yang kehilangan istrinya karena gagal ginjal akan menyumbangkan ginjalnya kepada seorang wanita yang tidak dikenal hanya karena wanita itu salah menempatkan iklan pencarian donor ginjal.

Glenn Calderbank yang berasal dari New Jersey, sedang menelusuri bahan-bahan bangunan online melalui situs Craiglist ketika ia mendapati iklan seseorang yang mencari donor ginjal.

Dikutip dari Daily MailJumat (27/11/2015), istri pertama Glenn Calderbank meninggal empat tahun lalu karena gagal ginjal-- dan ketika itu mereka kesulitan untuk mencari donor ginjal. Mereka sudah berada di dalam daftar tunggu selama 2 tahun.

Istri pertamanya akhirnya mendapatkan ginjal dan pankreas dari jasad seseorang, namun ditolak oleh tubuhnya. Ia meninggal dunia pada 2011 lalu ketika sedang cuci darah.

Iklan pencarian donor ginjal  diposting oleh Nina Saria, seseorang yang menderita gagal ginjal karena penyakit autoimun.

Calderman ketika membaca iklan itu mengatakan, “Layar komputer seakan-akan berbicara kepada saya. Saya tahu bahwa saya akan menjadi donor yang cocok baginya. Saya menimbang-nimbang dan kemudian mengirim email kepada mereka dan membagikan pengalaman hidupku.”

Ternyata Nina Saria sudah berada dalam daftar tunggu selama lebih dari setahun lamanya. Sejumlah tawaran dari teman dan kerabat tidak bisa diterima-- karena ginjal mereka tidak cocok dan ada juga yang menarik kembali tawarannya.

Katanya, “Dokter berpendapat saya akan jauh lebih baik setelah transplantasi. Ginjalnya akan bermanfaat cukup lama karena saya masih muda, aktif dan sehat, terkecuali untuk ginjal saya.”

Suatu iklan dipasang di tempat yang salah, namun seorang pembacanya malah tergerak menyumbangkan ginjalnya.

Ia melanjutkan, “Glenn telah menolong saya untuk meraih kembali hidup saya.”

Terkait prosedur yang akan dijalankan, Glenn Calderbank mengatakan , “Saya merasa takut sekali. Saya belum pernah mengalami persoalan medis-- dan sekarang saya malah membuka tubuh untuk mengambil salah satu bagiannya.”

Lanjutnya, “Saya hanya ingin menolong. Karena, dalam keadaan yang langka ini-- hal yang bisa saya lakukan hanya menolong.”

Menantikan pembedahan di rumah sakit University of Pennsylvania, Nina Saria menggalang dana melalui situs GoFundMe untuk kompensasi Glenn karena harus absen dari pekerjaannya selama dua bulan.

Wanita itu menuliskan,”Tiada satupun yang dapat membalas kebaikannya, hanya dengan berterimakasih juga tidak akan cukup atas apa yang akan dilakukannya. Ia menolong saya, sinar mentari di hari yang kelam. Orang yang tidak ingin mendonor sebaiknya tidak merasa dibebani atas kebaikan mereka.”

“Terima kasih telah membantu kami. Anda juga harus mempertimbangkan menjadi donor,” tutupnya. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini