Sukses

Pria Warga Belanda Kelahiran Indonesia Cari Keluarga Kandung

Seorang pria asal Indonesia yang kini tinggal di Belanda mengandalkan media sosial untuk mencari keluarga kandungnya.

Liputan6.com, Itens - Era digital membuat orang-orang seringkali mengandalkan sosial media untuk bertemu teman lama. Kali ini, seorang pria yang lahir di Indonesia dan diadopsi keluarga asing di Belanda, mencari saudara kandungnya lewat Facebook.

Diunggah di akun Facebook-nya, beredar foto seorang pria memegang papan karton yang bertuliskan keinginannya bertemu kakak kandung dari tanah kelahirannya, Ambarawa. Pria dengan nama adopsi Sander Metz ini lahir di Indonesia pada 20 Maret 1981, dengan nama Budi Santoso. Ia diadopsi oleh keluarga dari Belanda.

Sander turut serta mengunggah akte kelahirannya. (foto: Facebook/Sander Metz)

Papan yang dibawa Sander bertuliskan: "Saya mencari keluarga kandung saya, dan yang saya ketahui, saya memiliki kakak bernada Budi Rahayo. Usianya saat ini sekitar 37 tahun. Tolong sebarkan dan tolong saya mencari keluarga saya."

Tulisan di papan diakhiri dengan tagar #SanderSearch.

Selain foto tersebut, sebelumnya Sander juga telah mengunggah foto akta kelahirannya.

Sander menggunakan Facebook untuk membantu mencari saudara kandungnya. (foto: Facebook/Sander Metz)

Foto Sander beredar bukan hanya di Facebook, namun juga media sosial lainnya seperti Twitter. Pengguna Twitter dengan nama 'gonthopramu' mengunggah foto Sander dilengkapi dengan kutipan: "ada yang bisa bantu?"

Ini bukan pertama kalinya Sander mengungkapkan keinginannya. Bulan Agustus tahun ini, ia juga mengunggah video yang mengutarakan isi yang sama pada situs berbagi video. Namun, video tidak muncul di permukaan seperti selayaknya saat foto beredar.

Saat ini, Sander tinggal di kota Itens, bersama istri dan kedua anaknya. (Ikr/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini