Sukses

Tiba di Lokasi KTT G20, Jokowi Disambut Presiden Turki

Jokowi langsung naik ke panggung dan disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Liputan6.com, Antalya, Turki - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hotel Regnum Carya, Antalya, Turki, Minggu siang waktu setempat. 

Jokowi yang mengenakan setelan jas dan celana hitam dan dasi merah tiba di lokasi acara sekitar pukul 12.45 waktu setempat atau sekitar pukul 17.45 WIB, Minggu 15 November 2015.

Jokowi langsung naik ke panggung dan disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Setelah sempat berbicara dengan Erdogan dan berfoto bersama, Jokowi langsung menuju tempat yang ditentukan.

Seperti dilansir Antaranews.com, pertemuan pada Minggu terdiri atas 3 sesi. Yaitu, working lunch, working dinner dan working lunch. Pada pertemuan working lunch akan dibahas masalah pembangunan dan perubahan iklim.

Sesi working lunch itu akan dimulai sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Dari 20 negara, 2 negara tidak hadir yaitu Prancis dan Argentina. Sementara Amerika Serikat yang semula membatalkan kemudian hadir juga dalam KTT G20 itu.

Dikabarkan pula, Jokowi direncanakan tidak menghadiri KTT G20 itu hingga selesai.

Terkait kabar tersebut, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, pertimbangan tugas di dalam negeri dan rencana kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Manila, Filipina menghadiri KTT APEC menjadi pertimbangan keputusan itu.

Sebelumnya, Jokowi menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Pertemuan tersebut dilaksanakan di sela-sela pelaksanaan KTT G20 di Turki.

Pertemuan ini merupakan yang pertama sejak Trudeau terpilih jadi orang nomor satu di Kanada. Kesempatan tersebut pun dipakai mantan Walikota Solo itu untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya Trudeau.

"Selamat atas ‎terpilihnya Anda sebagai PM Kanada. Kami ingin membangun kerja sama yang lebih kuat lagi antara Indonesia-Kanada," ujar Jokowi dalam keterangan pers tim komunikasi Presiden, Minggu 15 November 2015. (Ans/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KTT G20 adalah kependekan dari Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty.

    KTT G20

  • Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia
    Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia

    Turki