Sukses

Mengerikan, Jembatan Kaca Setinggi 1.000 Meter di China Retak

Seorang pengunjung menyaksikan pecahan kaca meluncur ke jurang di bawahnya.

Liputan6.com, Henan - Bayangkan, Anda sedang menikmati udara dan pemandangan mekajubkan jalan setapak kaca di atas tebing 1.000 meter dari permukaan tanah,lalu hal yang tidak terpikirkan terjadi-- kaca di bawah kaki Anda mulai retak.

Inilah pengalaman seorang turis yang berteriak ketakutan dari jalan setapak kaca di atas Gunung Yuntai di China, provinsi Henan yang dianggap sebagai lokasi pemandangan dengan nilai AAAAA (menurut Tourist Attraction Rating Categories of China).

Dilansir dari News.com.au, saksi mata mengatakan, panel kaca berukuran 68 centimeter retak ketika para pengunjung berjalan di atasnya, mengakibatkan orang berlarian menuju ujung jalan.

Lee Dong Hai, berada di atas jalan setapak ketika insiden mengerikan itu terjadi-- dan ia berbagi pengalamannya melalui media sosial China, Weibo.

"Kakiku agak gemetar. Aku pandang ke bawah dan melihat kaca yang mulai retak," tulisnya.

"Orang-orang mulai berteriak. Aku juga teriak, 'Kaca retak! Sungguh, retak!' lalu aku dorong orang di depanku guna menyelamatkan diri. 

Sayangnya, Weibo mencopot kicuauannya. Dalam pesan terpisah, turis perempuan dari China ini mengatakan postingannya dianggap meresahkan.

 

Panel kaca yang retak. (News.com.au)

Menyusul kejadian ini, lokasi langsung ditutup bagi umum.

Sementara itu juru bicara kantor pariwisata Gunung Yuntai, mengungkapkan kepada media lokal, People's Daily Online, retakan terjadi ketika seorang turis atuhkan gelas anti-karat pada panel kaca.  Namun, pecahnya kaca hanyalah salah satu lapisan dari tiga lapisan, sehingga tidak akan membahayakan pengunjung.

Insiden menyebabkan kepanikan di lokasi, (News.com.au)

Menurut laporan, panel kaca dapat menahan beban hingga 800 kilogram per segi meternya. Insiden terjadi selama Liburan nasional China, di mana 532 juta orang melakukan perjalanan wisata.

Wahana tembus pandang ini dibuka untuk umum pada 20 September lalu memiliki panjang 68 meter. 

Di beberapa tahun terakhir, China menggilai wisata adrenalin tembus pandang. Banyak perusahaan pariwisata kini berlomba-lomba membuat wahana seputar untuk menarik perhatian.

Yang terbaru adalah jembatan kaca yang melintasi sungai sepanjang 300 meter dengan ketinggian 180 meter dibuka di Hunan, China. (Rcy/Rie)

Jalan setapak dengan pemandangn menakjubkan ini adalah satu dari sejumlah lokasi wisata kaca yang dibuka sebelum tujuh hari libur nasional yang mulai 1 Oktober. (News.com.au)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini