Sukses

Patung Sampaikan Pesan Menggugah Mengenai Kedewasaan

Dalam festival seni Burning Man, patung karya seniman Alexander Milov menggambarkan kedewasaan, konflik antar manusia, dan jiwa anak-anak.

Liputan6.com, Nevada - Burning Man merupakan event seni tahunan yang dilangsungkan selama delapan hari di AS. Terletak di gurun Black Rock, Nevada, dan dilangsungkan sejak 1986, festival ini menjadi tempat berkumpulnya ribuan seniman dan penggemar seni kontemporer dari seluruh dunia.

Dalam event tahun ini, di antara jajaran karya-karya yang megah, 'nyeleneh', jenaka, atau gabungan semuanya, karya seni patung dari seniman Ukraina Alexander Milov mencuri perhatian dengan makna di baliknya. Karya patung ini memiliki judul "Love". Tingginya 7,5 meter dan merupakan patung model kerangka yang dibentuk dengan struktur kawat besi tebal dan berbentuk menyerupai tubuh dua manusia dewasa yang saling membelakangi.

Karya patung

Patung yang menyerupai wanita dibentuk duduk meringkuk, sedangkan yang prianya terlihat sedang dipenuhi pikiran. Di bagian dalam masing-masing dari dua kerangka, ada patung menyerupai anak-anak. Keduanya berhadapan dan saling bersentuhan dengan telapak tangan.

Saat ada matahari, patung menggambarkan dua sosok manusia dewasa di tengah konflik batin. (foto: Bored Panda)

Saat hari berubah gelap, pada saat itulah patung anak-anak di dalam kerangka mengeluarkan cahaya.

"Karya ini menggambarkan konflik antara sepasang pria dan wanita, yang sekaligus sebagai ekspresi lahir dan batin mereka sebagai manusia. Hati mereka digambarkan dalam bentuk anak-anak transparan, yang bersentuhan melalui celah-celah besi. Ketika hari berubah gelap, patung anak-anak akan mengeluarkan cahaya. Cahaya ini menjadi simbiol kesucian dan ketulusan yang mempersatukan manusia, dan kesempatan memperbaiki hubungan adalah pada saat gelap tiba," ungkap Milov dikutip Bored Panda.

Saat hari gelap, terlihat sosok sepasang anak yang saling bergandengan tangan. (foto: Bored Panda)

Tak hanya pesan yang disampaikan yang menjadikan karya seni ini istimewa. Ini juga pertama kalinya seorang seniman Ukraina mendapat kesempatan untuk memamerkan sebuah karya dalam festival Burning Man.

Mengenai dipilihnya tema cinta, Milov menjelaskan pada Jewish News: "Sekarang ini merupakan masa konflik. Bukan dalam negara, namun seluruh dunia. Semua orang bertengkar. Bertengkar tentang apa? Mengenai kepercayaan. Semua ingin mendapatkan sesuatu kembali, dan timbul konflik. Figur itu -elemen pria dan wanita, merupakan simbol yang tepat. Walaupun, ini adalah interpretasi langsung mengenai hubungan dalam keluarga saya, contohnya". (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini